Jelang Idul Adha, Ini Syarat Hewan Kurban

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Menjelang hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri mengimbau kepada peternak di Kabupaten Kediri jika akan mengirim hewan ternak berupa sapi,kambing dan unggas keluar daerah diharuskan memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).Ini untuk memastikan bahwa kesehatan hewan di Kabupaten Kediri sehat dan berkualitas hingga hewan bisa dikirim keluar daerah.

Ini upaya untuk menjaga hasil peternakan dan produk-produk hasil ternak Kabupaten Kediri terjamin secara aman,sehat,utuh dan halal (Asuh). Jika memiliki surat keterangan ini peternak bisa mengirim ke luar daerah. Antar daerah yang di maksud adalah antar kota dalam satu provinsi dan antar kota di luar provinsi.
Lebih lengkap lagi jika peternak juga melengkapi Surat Keterangan Kesehatan Produk Hewan (SKKPH).

Ini menunjukkan kualitas produk hasil ternak di Kabupaten Kediri juga berkualitas dan terbebas dari virus. Demikian juga dengan produk kesehatan hewan dan produk kesehatan produk hewan dari luar daerah harus sehat dan berkualitas.

Dengan bukti peternak memiliki dua surat yang sangat penting dan diketahui petugas. Ini juga memastikan kondisi hewan dari luar daerah ke Kediri sehat dan tidak berpenyakit.Dua surat keterangan ini bisa didapat di kantor Uji Lab Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Venteriner DKPP Kabupaten Kediri.

Peternak di Kabupaten Kediri dengan ajakan dari DKPP diharap mau melakukan uji lab kesehatan hewan dan kesehatan produk hewan. Sehingga nantinya di tempat tujuan dipastikan kesehatan dan produk hewan Kabupaten Kediri tidak diragukan lagi.

Drh. Tutik Purwaningsih Kepala DKPP Kabupaten Kediri melalui Drh.Istar Abadi M.Agr Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Venteriner DKPP Kabupaten Kediri menjelaskan, adapun yang diuji lab ini untuk hewan adalah kondisi kesehatan tubuh hewan sapi,kambing dan unggas secara menyeluruh.

“ Yang disampaikan adalah surat keterangan bebas broseloses atau keguguran pada sapi,kerbau atau kambing. Broseloses adalah penyakit menular pada hewan ternak berkaki empat. Sedangkan pada unggas surat bebas dari penyakit flu burung dan thethelo.Ini menunjukkan telur atau daging dari ayam,itik dan telur ini masuk katagori uji organoleptik,”ujarnya.

Ditambahkan, uji ini dimaksudkan untuk mengetahui hasil uji bau,uji warna dan di itik ada bulu-bulu di bebek bisa diindentifikasi. Secara umum hal ini terintegrasi langsung oleh DKPP Provinsi Jawa Timur termasuk juga dengan penerbitan formulir SKKH dan SKKPH diterbitkan oleh DKPP Propinsi Jatim.
Ditambahkan, hal ini untuk manajemen pengendalian penyakit pada hewan maka secara langsung terpantau juga dalam sistim aplikasi pengendalian hewan nasional. Istar mengajak peternak di Kabupaten Kediri memiliki kesadaran tinggi untuk memeriksakan secara rutin kondisi hewan ternak dan hasil produk ternak. Ini harapan agar capaian produk lebih tinggi.

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu