Jeff Bezos Sumbang 10 Miliar Dolar AS untuk Perangi Perubahan Iklim

Washington, koranmemo.com – Pendiri Amazon dan salah satu orang terkaya di dunia, Jeff Bezos bersedia menyumbangkan 10 miliar dolar AS untuk atasi permasalahan lingkungan terkait perubahan iklim. Hal tersebut dinyatakan oleh Bezos dalam salah satu unggahannya di media sosial Instagram pada Selasa (18/2).

Dari unggahan Instagram pribadinya, Bezos mengumumkan, dirinya sangat khawatir terhadap kelanjutan Bumi dan akan bergerak secara nyata untuk turut serta menanggulangi masalah ini. “Perubahan iklim adalah ancaman terbesar bagi planet kita. Saya ingin bekerja bersama orang lain untuk menanggulangi dampak buruk dari perubahan iklim di planet ini,” ujar Bezos pada unggahan Instagram pribadinya.

Bezos akan memulai tindakannya dengan menyumbang uang sebanyak 10 miliar dolar AS yang dapat digunakan oleh berbagai pihak untuk melakukan hal nyata dalam menanggulangi perubahan iklim. “Uang ini dapat digunakan oleh ilmuwan, aktivis, LSM, atau siapa saja yang dapat memberikan kemungkinan nyata untuk melestarikan Bumi,” ujarnya.

Dengan apa yang dilakukannya, Bezos optimis dapat membuahkan hasil yang baik bagi Bumi. Dalam usahanya menyelamatkan Bumi, dia juga akan menggandeng berbagai perusahaan baik yang besar hingga yang kecil. Selain itu, Bezos juga berusaha menjalin hubungan dengan negara sampai individu untuk menyukseskan usahanya.

Bulan kemarin, sejumlah karyawan Amazon juga telah membuat petisi untuk mengkritik perusahaan Amazon dalam kebijakan lingkungannya. Mereka menginginkan perusahaan dapat lebih memerhatikan tentang perubahan iklim.

Amazon yang pada bulan Desember 2019 telah memiliki karyawan sebanyak 750.000 orang mendapatkan banyak kritik terkait emisi karbonnya yang dihasilkan dari kegiatan bisnisnya. Kritik ini dilayangkan dari berbagai pihak baik dari internal maupun eksternal perusahaan.

Melansir dari BBC, kekayaan bersih Bezos diperkirakan mencapai 130 miliar dolar AS, sehingga sumbangannya untuk mengatasi perubahan iklim itu setara dengan 8% dari kekayaannya. Sebelumnya, Bezos juga telah memberikan sumbangan sebanyak 2 miliar dolar AS untuk menolong keluarga yang tidak memiliki tempat tinggal dan mendanai sekolah pada September 2018.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya