Jalani Rapid Test, Satu Petugas Pemutakhiran PPDP di Kota Blitar Reaktif

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Satu petugas pemutakhiran data pemilih atau PPDP di Kota Blitar dinyatakan reaktif. Ini setelah KPU Kota menggelar rapid test sebelum pelaksanaan pencocokan ┬ádan penelitian pemilih.

Hal itu diakui Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya. Menurutnya KPU menerjunkan sedikitnya 259 PPDP. Rapid test digelar mulai Minggu (12/7) hingga Senin (13/7). “Awalnya kami rapid test sebanyak 241. Dan sisanya dilanjutkan hari ini (kemarin,red),” katanya, Senin (13/07).

Nah pada rapid test dua hari diketahui memang ada PPDP yang reaktif. Lantaran ada yang reaktif diganti dengan yang lain dengan cara menggelar rapat pleno.

“Karena ini juga demi kelancaran di lapangan juga. Rapid test ini wajib sesuai dengan aturan pemerintah. Harapannya petugas yang diterjunkan benar-benar klir dan layak terjun ke lapangan. Dalam rangka antisipasi Covid-19,” tambahnya.

Usai ditemukan ada petugas yang reaktif, KPU koordinasi dengan Tim Gugus Percepata ┬áPenanganan Covid-19. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selanjutnya ditangani pihak terkait. “Kami juga instruksikan petugas di lapangan pakai masker atau alat pelindung diri hingga bawa hand sanitizer. Keselamatan juga diutamakan,” katanya.

Sesuai dengan jadwal tahapan pemutakhiran data pemilih dimulai pada 15 Juli hingga 13 Agustus. Teknisnya petugas mendatangi satu per satu calon pemilih soal kesesuaian data jelang coblosan pada Desember mendatang.

Reporter Abdul Aziz Wahyudi

Editor Achmad Saichu