Jalan Santai HUT Bhayangkara di Trenggalek

Trenggalek, koranmemo.com – Masyarakat Kabupaten Trenggalek sepakat untuk menolak berbagai bentuk dan macam kerusuhan. Penolakan ini dituangkan secara simbolis melalui deklarasi tolak kerusuhan yang berlangsung dalam kegiatan olahraga bareng masyarakat di Alun-alun Kabupaten Trenggalek, Minggu (16/6). Jalan santai yang diinisiasi Kepolisian Resort Trenggalek itu sekaligus dalam rangka menyambut peringatan Hari Bhayangkara ke-73.

Olahraga bareng masyarakat selain untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-73 yang jatuh pada 1 Juli mendatang juga sekaligus sebagai upaya kepolisian menciptakan kondusifitas wilayah. Tema yang diambil adalah Jawa Timur Bersatu Menuju Indonesia Damai. “Kita tegaskan bahwa masyarakat Jawa Timur khususnya Trenggalek menolak kerusuhan,” kata Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo S.Keterlibatan masyarakat menjadi poin penting dalam menciptakan kondusifitas wilayah. Peran serta ini dapat diwujudkan melalui banyak hal, diantaranya adalah penggunaan media sosial (medsos) dengan bijak.

“Jangan mudah terprovokasi oleh berita ataupun sumber informasi yang belum tentu jelas kebenarannya. Tetap merajut kebersamaan dan menjaga persatuan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia mengajak masyarakat untuk merajut kebersamaan dan menjaga persatuan di tengah keberagamaan yang dimiliki Bangsa Indonesia yang sudah menjadi akar dan nilai luhur Bhineka Tunggal Ika. Di tengah keberagaman itu, perbedaan pilihan adalah sebuah hal yang wajar. “Saya yakin dan percaya masyarakat Trenggalek adalah masyarakat cerdas yang mengedepankan perdamaian dan kerukunan,” pungkasnya.

Sebagai komitmen bersama menolak berbagai bentuk dan macam kerusuhan, masyarakat Kabupaten Trenggalek membubuhkan penandatanganan deklarasi yang diwakili secara simbolis oleh Forkopimda beserta pejabat instansi lainnya. Kegiatan jalan santai yang diikuti oleh ribuan masyarakat itu juga diwarnai beragam hadiah menarik.

Reporter : Angga Prasetya

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date