Jaga Kelestarian Ekosistem, Paslon OK Tebar 10 Ribu Benih Ikan di Waduk Pondok

Ngawi, koranmemo.com – Ribuan benih ikan nila ditebar di Waduk Pondok, tepatnya di Desa Dampit, Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, untuk kelestarian di alam terbuka, Minggu (18/10).

 

Penebaran benih ikan dilakukan oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati Ngawi Ony Anwar dan Dwi Rianto Jatmiko atau OK bersama Ngawi Etan (Ngawet) Community.

 

“Sekitar 10 ribu benih ikan untuk melestarikan ekosistem di waduk pondok,” kata Ony Anwar.

 

Menurutnya, tebar benih ikan ini tidak hanya dinikmati daerah lokal saja tetapi bisa dinikmati dari luar daerah Ngawi untuk berkunjung ke Waduk Pondok.

 

Tentu saja, selain berfungsi sebagai irigasi tetapi juga tempat pariwisata bagi penghobi memancing.

 

Bahkan bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Dan kedepannya, program ini setiap tahun akan diadakan di seluruh waduk atau embung di Ngawi.

 

“Ini langkah awal kami dan akan berkelanjutan untuk membudidaya perikanan dan pemberdayaan masyarakat agar ikut terlibat menjaga keberlangsungan Waduk Pondok,” ujarnya seraya meminta warga yang mencari ikan tidak menggunakan racun, setrum, atau bahan biologi.

 

Sementara Cawabup Ngawi Dwi Rianto Jatmiko kegiatan tebar benih ikan ini menyesuaikan pada masa pandemi covid-19. Dan sekaligus menggali aspirasi masyarakat.

 

“Kita dapat melihat potensi ekonomi bagi masyarakat sekitar waduk. Kedepan kita tingkatkan penunjang perkembangan wisata waduk guna kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

 

Reporter: Dika/Juremi

Editor: Della Cahaya