Jaga Kecepatan Internet, Facebook Turunkan Kualitas Video

Share this :

Sao Paulo, koranmemo.com – Facebook akan membatasi kualitas video streaming yang ada pada layanannya di Instagram dan Facebook. Pembatasan ini akan dilakukan di negara Amerika Latin menyusul kebijakan serupa yang telah diberlakukan di Eropa. Hal ini bertujuan untuk meringankan kepadatan jaringan internet akibat masyarakat yang diharuskan bekerja dari rumah.

“Untuk mebantu mengatasi potensi kemacetan jaringan, kami akan menurunkan sementara kualitas video yang ada di Facebook dan Instagram untuk wilayah Amerika Latin,” ujar Juru Bicara Facebook, dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, langkah pembatasan kualitas video di Amerika Latin telah dimulai oleh penyedia layanan video streaming Brazil, GloboPlay. Selasa (24/3), GloboPlay telah menghentikan sementara video streaming dalam kualitas 4K dan Full High Definition untuk menjaga layanan internet di Brazil dan mengizinkan lebih banyak warga yang mengakses kontennya.

Kebijakan untuk menjaga kualitas layanan internet ini pertama kali diterapkan di Eropa. Uni Eropa meminta perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan video streaming untuk menjaga kepadatan penggunaan internet. Kebijakan ini diambil setelah Uni Eropa memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah untuk menekan jumlah kasus pandemi corona.

Menyadari pentingnya internet bagi ribuan warga yang melakukan pekerjaannya dari rumah. Sejumlah perusahan penyedia layanan video streaming seperti Netflix, Youtube, Walt Disney, dan Youtube langsung meresponnya dengan membatasi kualitas video yang dapat diakses dari situsnya. Facebook sendiri baru mengikuti kebijakan ini di Eropa terhitung sejak Minggu (22/3).

Perusahaan telekomunikasi setempat, Anatel juga telah menandatangani kesepakatan dengan operator dan penyedia lainnya untuk menjaga Brazil tetap terkoneksi selama pandemi corona belum teratasi. Menindak lanjuti kesepakatan penting ini, Anatel juga telah membentuk komite krisis yang akan berkoordinasi untuk mengambil tindakan dan mengawasi kepadatan dan kapasitas jaringan.

“Anatel, melalui manajemen resiko dan tim pengawas performa jaringan, akan memastikan keberlanjutan layanan internet bagi warga Brazil,” ujar Perusahaan Anatel.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya