Jadi Penadah Barang Antik, Pegawai PDAM Batu Dibekuk

Batu, koranmemo.com – Satreskrim Polres Batu berhasil membekuk HS (46) warga Jalan Arjuno Gang 3 No 29 Rt 02 Rw 05 Kelurahan Sisir Kecamatan Batu Kota Batu, yang diketahui merupakan sindikat pencuri barang antik di wilayah Kota Batu.

Tak tnggung-tanggung 3 rumah kosong disatroni dan beberapa barang antik berhasil dicuri.Hasil kejahatan pelaku ini, petugas berhasil mengamankan uang dan barang hasil curian yang belum terjual.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermawan SIk melalui Kasat Reskrim AKP Hendro Tri Wahyono mengatakan pelaku merupakan sindikat pencuri barang antik dan berprofesi sebagai penadah barang antik di Kota batu.

” Aksi kejahatannya ada di 3 lokasi yakni di Jalan Panglima Sudirman, Jalan Diponegoro dan Jalan Mawar Kota Batu, tentunya pelaku akan dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, ” ungkapnya, Senin (16/09).

Kejadian pencirian ini berhasil dibekuk polisi setelah mendapatkan laporan adanya pencurian barang antik di wilayah Kota Batu. Polisi yang menyelidiki langsung mengarah ke beberapa kolektor baranf antik yang bisa jadi menjadi tempat penjualan hasil curian pelaku.
” Setelah dilapori korban, kami cek di beberapa lokasi tempat penjualan barang antik dan didapati hasilnya jika pelaku yang melakukan pencurian, ” ungkap Hendro.

Setelah diketahui beberapa petunjuk akhirnya polisi langsung mengrebek rumah pelaku yang juga pegawai PDAM Batu dan diketahui kebenaranya.

” Barang bukti yang diamankan berupa beberapa mebeler antik, uang Rp 4 juta dan satu unit mobil pikap, “imbuhnya.

Perlu diketahui, pelaku ini merupakan sindikat yang bertugas sebagai penadah dan pelaku pencurian masih dikejar karena melarikan diri.
Sementara itu, pelaku saat diwawancara mengaku jika baru melakukan pencurian ini. Namun dirinya mengaku hanya sebagai penadah saja, yang mencuri temannya bernama JH.

” Saya menerima barang antik dari pelaku JH yang kabur, barang memang belum sempat terjual karena belum ada yang membeli, ” terang pelaku.

Ditambahkan Kasat Reskrim, pelaku ini merupakan sindikat pencurian barang antik di rumah kosong yang jauh sebelumnya memang menjadi incaran kawanan pelaku ini. Saat beraksi pelaku membawa alat berat seperti linggis dan kunci.Sedangkan untuk kendaraan yang diamankan digunakan sebagai alat transportasinya.

” Kita akan dalami kasus ini dan akan kejar pelaku yang saat ini kabur, ” tutupnya.

Reporter Arief juli prabowo
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date