Inspektorat Awasi Ketat Pengelolaan Keuangan Desa

Nganjuk, koranmemo.com – Dari sekitar 264 Desa di Kabupaten Nganjuk, sebanyak 20 Desa masuk kriteria akuntabilitas baik. Hal itu sebagai indikator tata pengelolaan keuangan daerah sudah memenuhi aturan yang ada.

Bupati Nganjuk, H. Novi Rahman Hidayat menjelaskan, tim audit Inspektorat Pemkab Nganjuk dalam melakukan audit keuangan desa diintegrasikan dengan kegiatan pengawasan rutin. “Dengan demikian kegiatan audit tidak dilakukan dalam satu kesempatan saja,” ungkapnya.

Untuk hasil audit keuangan Desa, Bupati Novi mengatakan, dari 264 Desa di Kabupaten Nganjuk ada 20 Desa yang dinilai tata kelola keuangannya baik. “Ini setelah 20 Desa tersebut masuk dalam indikator yang memenuhi aspek akuntabilitas sesuai aturan,” ungkapnya.

Menurutnya, melaksanakan Pemerintahan Desa di zaman demokrasi dan reformasi saat ini tidak mudah. Termasuk dalam mengelola keuangan desa. Karena itu ia menandaskan aparatur desa mesti menguasai aturan. Termasuk menguasai teknis pengelolaan keuangan yang serba komputer dan software yang pro aspirasi atau sesuai kebutuhan masyarakat.

“Itu sebagai tuntutan di zaman transparansi dan teknologi digital sekarang ini,” pungkasnya.

Reporter Andik Sukaca
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date