Ini yang Terjadi Jika SPBU Terbakar

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Konsumen yang hendak mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 54.614.11 Jl Brigjen Kretarto Desa Sambong Dukuh Kecamatan Jombang Kota, mendadak panik.

Ini menyusul munculnya kobaran api di salah satu mesin pompa bahan bakar jenis Pertalite, Selasa (27/2) sekitar pukul 09.45 WIB. Tak ayal beberapa konsumen yang sedang antri, memilih pergi mencari tempat aman. Sedangkan sejumlah karyawan SPBU dengan sigap langsung berupaya memadamkan api agar kebakaran tidak membesar.

Kanit Patroli Polsek Jombang Kota, Iptu Wardi mengatakan, kebakaran bermula ketika ada seorang pembeli menggunakan sepeda motor sedang mengisi bahan bakar Pertalite.

Namun saat pengisian sudah selesai, tiba-tiba muncul percikan api.  “Api membesar  menyambar selang pengisian,” kata Wardi kepada wartawan di lokasi.

Sejumlah karyawan yang melihat ada kobaran api, bergegas mengambil alat pemadam kebakaran yang ada di lokasi. Secara perlahan api bisa dijinakkan sehingga tidak merembet ke mesin maupun tangki penyimpanan bahan bakar.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian material ditaksir sebesar Rp 20 juta,” tandas Wardi.

Sementara, Wibisono (37), warga Kecamatan Kesamben yang juga sedang berada di SPBU, mengaku memilih membatalkan pengisian BBM setelah tahu ada kobaran api.

“Kejadian persisnya tidak tahu. Tiba-tiba dari mesin pengisian Pertalite muncul api. Saya langsung minggir saja takut meledak,” ujarnya sambil menunjuk ke arah kebakaran dari luar SPBU.

Reporter : Agung Pamungkas

Editor      : Muji Hartono