Ini Strategi Borussia Dortmund Jelang Lawan Schalke 04

Share this :

Berlin, koranmemo.com – Pada lanjutan kompetisi sepak bola Liga Jerman pekan ke-26, Borussia Dortmund akan menghadapi Schalke 04 di kandangnya. Dortmund yang bertindak sebagai tuan rumah, kemungkinan akan langsung menurunkan pemain-pemain andalannya pada pertandingan yang akan diselenggarakan pada Sabtu (16/5) pukul 20.30 WIB.

Melansir dari situs resmi Borussia Dortmund, kemungkinan besar Dortmund akan menerapkan strategi yang mengusahakan penguasaan penuh di lapangan tengah. Sebanyak 6 pemain tengah yang terdiri dari, Delaney, Brandt, Hakimi, Hazard, Sancho, dan Guerriro kemunkinan akan dimainkan sejak awal pertandingan pada pertandingan nanti.Dengan menerapkan strategi ini, otomatis Dortmund hanya akan memainkan satu penyerang murni sebagai ujung tombaknya. Untuk posisi ini, striker muda Dortmund, Haaland sepertinya akan dipercaya untuk menempati penyerang tunggal tersebut.

Dua pemain tengah andalan Dortmund, Emre Can dan Axel Witsel telah dikonfirmasi tidak bisa mengikuti pertandingan ini, karena keduanya masih dalam perawatan untuk menyembuhkan cidera yang diderita. “Mereka berdua benar-benar tidak bisa bertanding saat ini. Kami harap keduanya akan segera sembuh dan bergabung dengan tim secepatnya,” ujar Pelatih Dortmund, Lucien Favre.

Mengenai pemain yang akan menempati posisi penjaga gawang dan pemain bertahan untuk pertandingan ini, kemungkinan akan ditempati oleh pemain-pemain andalan Dortmund. Untuk posisi penjaga gawang, Burki sepertinya akan menjadi pilihan pertama pada pertandingan ini. Sedangkan tiga posisi pemain bertahan akan ditempati oleh Piszczek, Hummels, dan Akanji.

Dalam kesempatan ini, Favre juga menyampaikan, dirinya sangat senang dengan aturan baru yang diterapkan sebagai penyesuaian kompetisi dengan pandemi corona. Aturan ini merujuk pada penambahan jumlah pergantian pemain yang bisa dilakukan untuk mencegah kelelahan berlebih bagi pemain.

“Jumlah pergantian pemain menjadi 5 kali adalah ide yang sangat cemerlang dan sangat penting bagi semua tim. Kita tidak akan bisa berada dalam kondisi sempurna, karena latihan yang bersifat terbatas dan tidak ada pertandingan selama 2 bulan ini,” ujarnya.

Sejumlah aturan baru telah ditetapkan seiring dengan keluarnya izin penyelenggaraan pertandingan sepak bola di tengah pandemi corona. Sejumlah keputusan tersebut seperti, pemain tidak diperkenankan meludah dan bersalaman setelah pertandingan, pemain beserta perangkat tim yang bertanding juga harus menjalani karantina ketat selama berlangsungnya kompetisi.

Selain itu, aturan yang benar-benar harus dipatuhi adalah, pertandingan harus dilaksanakan tanpa penonton. Pendukung tim yang sedang bertanding juga tidak diperkenankan berkumpul di luar stadion atau di kafe. Jika aturan ini kedapatan dilanggar, maka Pemerintah Jerman telah mengeluarkan aturan untuk menghentikan kompetisi hingga waktu yang tidak ditentukan.

Sejauh ini, Dortmund adalah tim yang menduduki posisi kedua di klasemen sementara. Dortmund telah mengumpulakn 51 poin dari 25 pertandingan dan hanya terpaut 4 poin dari pemuncak klasemen, Bayer Munchen.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor Achmad Saichu