Ini Penyebab Kebakaran Gedung IGD RS Bhayangkara Polda Jatim

Surabaya, koranmemo.com – Gedung IGD (Instalasi Gawat Darurat) Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim terbakar, Rabu (7/11). Dugaan sementara kebakaran ini terjadi akibat konsleting arus listrik.

Berdasarkan informasi di lokasi kejadian, kebakaran terjadi sekitar pukul 13:00 WIB. Meskipun tak tampak terlihat kobaran api, namun asap pekat nampak mengudara berasal dari gedung berlantai tiga itu.

Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol M Iqbal menjelaskan, peristiwa ini sempat membuat panik para tenaga medis, dan pasien serta keluarga pasien. Terutama mereka yang berada di lantai bawah.

“Gedung ini masih dalam proses penyelesaian renovasi. Dari lantai pertama, dan lantai dua sudah hampir 90 persen, dan lantai pertama seratus persen bisa digunakan. Tetapi lantai tiga belum sama sekali diselesaikan,” katanya kepada koranmemo.com, Rabu (7/11/2018).

Meski demikian kata Mantan Kapolrestabes Surabaya ini pihak Polda Jatim menyatakan bahwa peristiwa tersebut dalam kategori kecil yang cepat dapat diantisipasi sehingga tidak mengakibatkan kerugian signifikan, baik secara materiil maupun jatuhnya korban.

“Dan ini merupakan kebakaran kecil, dan Alhamdulillah bagian dari SOP (Atandard Operating Procedure) kami ketika ada insiden sekecil apapun kami harus siap untuk melakukan tindakan antisipasi,” ucapnya.

Disampaikan, hingga saat ini penyebab dari kebakaran belum diketahui secara pasti. Pihaknya menduga terjadi kesalahan SOP di lantai tiga sebagai pusat terjadinya kebakaran.

“Penyebab kebakaran ini diduga ada kesalahan SOP, kemungkinan karena adanya barang-barang yang mudah terbakar disitu. Saat ini suhu cuaca panas, kemudian hujan sedikit-sedikit. Kita akan lakukan proses penyelidikan tentunya dari kesalahan SOP labfor akan ada disitu,” tandasnya.

Pantauan di lokasi, ada kendaraan Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya yang terlibat upaya melakukan pembasahan sekaligus pemadaman api di gedung tersebut. Sekitar 11 unit kendaraan PMK yang dikerahkan dan dibantu dua mobil barikade Polda Jatim untuk memadamkaan api.

Petugas tampak berupaya masuk ke lokasi untuk mengetahui kondisi dan mencari titik utama api. Namun, dikabarkan api sudah berhasil dijinakan oleh petugas. Saat ini masih dilakukan pengecekan guna memastikan api sudah padam.

Reporter M Fauzi

Editor Achmad Saichu