Ini Manfaat Ikan Lemuru yang Direkomandasikan Menteri Kelautan dan Perikanan

Bali, koranmemo.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Negara Republik Indonesia, Susi Pudji Astuti tidak henti-hentinya mempromosikan pentingnya makan ikan bagi masyarakat Indonesia. Pagi ini (13/10), lewat akun instagram miliknya, Susi yang saat ini tengah berada di Bali untuk menghadiri IMF – World Banks Annual Meeting 2018, mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan lemuru.

Tiga hari sebelumnya, Susi memang berkunjung ke Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Jembrana.  Di sana, dia memborong ikan lemuru segar yang katanya hanya Rp 9.000 per kilogram.  “Dagingnya banyak, rasanya enak, apalagi jika dicampur dengan sup pedas,” ujarnya sambil menunjukkan ikan lemuru yang sudah disup tersebut.

Sebenarnya, apa saja manfaat ikan lemuru?  Mengapa Menteri Kelautan dan Perikanan RI satu ini suka sekali makan ikan lemuru?

Ikan lemuru ternyata mampu mencegah penyakit jantung koroner, yang merupakan penyakit mematikan nomor satu di dunia.  Ikan lemuru mengandung omega 3 yang tinggi.  Kandungan omega 3 adalah zat yang direkomendasikan oleh American Heart Association (AHA) untuk mencegah dan melindungi jantung manusia.

Selain itu, ikan laut memang memiliki kandungan gizi yang komplit dan dibutuhkan oleh tubuh.  Dengan mengkonsumsi ikan laut sejak dini, dapat meningkatkan perkembangan dan kecerdasan otak anak serta mencegah datangnya penyakit degeneratif yang mengiringi proses penuaan.

Ikan lemuru mengandung selenium, yang membantu membuat antioksidan mencegah kerusakan DNA yang disebabkan zat kimia dan radiasi.  Apabila tubuh manusia kekurang selenium, bisa terjadi gejala pertumbuhan yang lambat bahkan gagal jantung, ginjal dan hati.

Ikan lemuru juga mengandung taurin yang berfungsi mengekskresi garam empedu, yang dipecah menjadi kolestrol.  Selain itu, taurin juga berperan dalam fungsi retina dan kognitif manusia.

Tak hanya omega 3, ikan lemuru juga mengandung omega 6 yang bisa membantu mencegah penyakit jantung, mengatur tekanan darah, membantu pembakaran lemak dan menjaga berat badan, mempercepat penyembuhan luka, memperkuat jaringan kulit, menyehatkan rambut dan memperkuat kuku.  Untuk anak-anak, omega 6 juga membantu proses pertumbuhan anak dan mencegah hiperaktivitas, menjaga dan memperbaiki sistem pencernaan anak, serta mengurangi reaksi alergi terhadap jenis makanan tertentu.

Banyak bukan manfaatnya?

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date