Ini Kuota CPNS Untuk Kabupaten Jombang

Jombang, koranmemo.com – Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan (BKD-PP) Kabupaten Jombang, Muntholip mengungkapkan jika Jombang  mendapatkan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada rekrutmen secara nasional bulan September 2018 ini sebanyak 428 orang. Jumlah ini sudah termasuk CPNS jalur K2.

“Formasi Jombang 428. Penuh seperti yang kita ajukan. Cuma bedanya dulu kita full untuk mengisi kekosongan karena yang pensiun-pensiun itu, tapi yang (tahun) ini dikurangi 80 untuk yang melalui jalur khusus,” kata Muntholip, Kamis (13/9).

Apa itu jalur khusus CPNS yang dimaksud? Muntholip menjelaskan, jalur khusus yang dimaksud diantaranya seperti jalur cumlaud atau lulusan terbaik, jalur disabel dan jalur K2.

“Lha kita jalur K2, untuk yang jalur khusus, ada 80 formasi. K2 ini khusus untuk K2 pendidikan 77 orang dan kesehatan 3 orang kalau tidak salah,” bebernya.

Untuk CPNS dari jalur K2, lanjut Muntholip, batas maksimal usia CPNS, berlaku sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Oleh undang-undang aturannya juga ada, jadi usia tetap maksimal 35,” tuturnya.

Masih menurut Muntholip, selain batasan maksimal usia, CPNS jalur K2 juga akan diperketat pada kriteria-kriteria yang lain seperti harus masuk pada database kepegawaian. Jika tidak, seorang tenaga K2 tidak bisa mengikuti rekrutmen CPNS.

“Yang ketiga, pernah ikut ujian K2 tahun 2013, terus mengajar secara terus menerus dan tidak putus,” papar Muntholip.

Saat ini di Kabupaten Jombang sendiri masih terdapat 875 tenaga K2. Namun dari jumlah tersebut, kuota hanya 80 orang.

“Mereka juga sudah mempunyai data tenaga K2 di Jombang, mana yang sudah memenuhi kriteria ataupun yang belum,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Della Cahaya