Ini Imbauan Kapolres Bojonegoro Jelang Malam Pergantian Tahun

Share this :

Bojonegoro, koranmemo.com – Setelah melaksanakan kegiatan syukuran atas prestasi meraih penghargaan WBK dan diskusi berita hoaks dengan admin grup medsos se- Bojonegoro, pada Jum’at pagi ( 14/12/2018 ) Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli menghimbau bagi masyarakat terutama remaja untuk tidak menggunakan knalpot Brong pada acara malam pergantian tahun 2019.

Karena menurutnya , hal tersebut sangat mengganggu serta mengakibatkan ketidak nyamanan masyarakat terutama pada saat melintas di jalan raya. ” Kami imbau malam pergantian tahun yang biasanya diisi dengan konvoi sepeda motor oleh kaula muda, tidak ada suara bising konvoi sepeda motor berknalpot brong di Kota Bojonegoro,” tegas Kapolres AKBP Ary Fadli.

Selain itu, pemakaian knalpot Brong juga melanggar ( UU LLAJ ) Undang-undang Lalu lintas Angkutan Jalan No 22 tahun 2009 yang berbunyi setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

“Penggunaan tersebut tidak sesuai dengan UU LLAJ 22 tahun 2009 dan menggunakan knalpot brong membuat bising dan rawan menimbulkan gesekan. Selain itu juga merupakan upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Kapolres juga memerintahkan anggotanya khususnya Bhabinkamtibmas untuk mengimbau kepada bengkel motor mulai pelosok Kabupaten Bojonegoro agar tidak melayani pemasangan Knalpot Brong. “Jauh-jauh hari kita imbau agar tidak ada penggunaan knalpot brong, jika masih ada yang nekat menggunakan knalpot brong maka akan kami tindak tegas, pungkas Kapolres,” tandasnya.

Reporter Eka Rahmawadi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date