Ini Alasan Tiga PSK Terpaksa Dipulangkan ke Daerah Asal

Nganjuk, koranmemo.com – Tiga PSK (pekerja seks komersial), yang berada di Dusun Morobahu Desa Kerepkidul Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk, dipulangkan ke tempat tinggal asal masing-masing, Rabu (16/1). Mereka dipulangkan atas permintaan warga dan perangkat desa setempat, lantaran terindikasi mengidap HIV.

Informasi dihimpun koranmemo.com, ketiga PSK itu antara lain, YT (53), RN (37) warga Wonogiri, dan MTN (38) warga Ponorogo. Mereka disinyalir mengidap HIV berdasarkan hasil pemeriksaan dari Dinas Kesehatan Nganjuk yang melakukan pemeriksaan keliling pada penghujung 2018 lalu.

Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi yang sekaligus menjadi Ketua KPAD datang secara langsung ke lokasi sebelum ketiga PSK tersebut diberangkatkan. Ia juga sempat memberikan nasehat kepada ketiga wanita itu, agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Wabup mengaku prihatin, lantaran angka pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Nganjuk masih terbilang tinggi. “Mari kita kawal daerah ini, semoga apa yang kita lakukan menjadi barokah,” ungkapnya.

Data dihimpun dari KPAD Nganjuk, terhitung sejak tahun 2002 hingga bulan Desember tahun 2018, tercatat sekitar 1.126 orang pengidap HIV/AIDS. Sebagian dari mereka ada yang masuk kategori parah, dan beberapa diantaranya justru meninggal dunia.

Trisna Eka Setyawati, Divisi Pemberdayaan HIV/AIDS KPAD Nganjuk menyebut, upaya pencegahan adalah langkah paling tepat untuk menekan kemungkinan penularan virus berbahaya tersebut. “Langkah preventif paling tepat dilakukan. Salah satunya dengan setia terhadap pasangan. Intinya jangan melakukan seks bebas,” tandasnya

Reporter : Andik Sukaca

Editor : Irwan Maftuhin

Follow Untuk Berita Up to Date