Ini 5 Makanan Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Share this :

Koranmemo.com – Penyakit kanker kelenjar getah bening baru saja merenggut nyawa aktris kawakan Indonesia, Ria Irawan. Tanpa bermaksud menyinggung almarhum dan keluarga yang ditinggalkan, apa yang dialami oleh Ria Irawan bisa menjadi alarm bagi masyarakat untuk mengenal tentang penyakit ini.

Masyarakat harus tahu apa yang memicu kanker ini, terutama makanan penyebab penyakit kelenjar getah bening jika dikonsumsi berlebihan. Dengan demikian, mereka bisa melakukan tindakan antisipasi terhadap diri sendiri agar tidak terkena penyakit berbahaya ini.

1. Makanan yang mengandung pengawet dan pemanis buatan

Pemanis buatan mengandung senyawa kimia yang disebut aspartame. Jika senyawa ini masuk ke dalam tubuh, maka senyawa ini akan mengurai dan berubah menjadi racun yang berbahaya. Kandungan dari racun ini bisa memicu kelenjar getah bening dalam tubuh manusia gampang terpapar sel kanker. Jika kemudian dikombinasikan dengan pengawet yang bisa mempercepat perkembangan sel kanker dalam tubuh, maka dalam waktu singkat, kanker kelenjar getah bening dalam tubuh manusia bisa sangat mematikan.

2. Mengonsumsi soda dan alkohol

Sudah bukan hal yang baru jika soda dan alkohol adalah sumber dari berbagai penyakit penyakit di dalam tubuh manusia, terutama kanker. Pengawet serta pewarna buatan yang ada di dalam soda, bisa memicu pertumbuhan sel kanker dengan sangat cepat.

3. Mengonsumsi buah atau sayuran yang sudah terpapar pestisida

Pestisida mungkin ampuh untuk membasmi hama. Akan tetapi jika manusia mengonsumsinya, tentu saja berbahaya. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi buah dan sayur, pastikan mencucinya dengan bersih dan hanya sekali. Atau lebih baik lagi jika mengonsumsi buah yang dipastikan sudah bebas pestisida.

4. Makanan kaleng

Makanan kaleng memang praktis dan siap saji. Namun ingat, makanan kaleng sudah pasti mengandung pengawet. Dan pengawet mengandung zat kimia yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, jika masih bisa memasak dengan bahan non kaleng-kaleng, kenapa harus beli yang kalengan?

5. Mengonsumsi gula halus

Jika kadar gula halus yang anda konsumsi cukup banyak, maka kemudian insulin pun akan bekerja lebih efektif untuk menumbuhkan sel-sel kanker dalam tubuh.

Editor: Della Cahaya Praditasari