Inflasi Masih Terkendali, Wali Kota Kediri: Setiap Hari Adakan OPM

Kediri, koranmemo.com – Pergantian tahun yang berdekatan dengan memasuki bulan suci Ramadan dikhawatirkan terjadi inflasi yang tidak terkendali. Namun, Kepala Bank Indonesia Kantor Wilayah Kediri, Musni Hardi Kusuma Atmadja memastikan bulan April inflasi masih terkendali diangka 0,36 persen jumlah ini lebih tinggi dibanding bulan Maret yang tercatat 0,16 persen.

Musni Hardi menyampaikan, inflasi ini didorong oleh kenaikan harga volatile foods khususnya bawang putih dan bawang merah seiring turunnya relasi impor bawang putih dan berlalunya musim panen bawang merah.

“Inflasi di bulan ini masih tertahan oleh inflasi inti yang cederung stabil dan koreksi tarif listrik dengan adanya kebijakan pemerintah terkait pemberian diskon bagi kelompok pelanggan rumah tangga 900 volt amper. Dengan perkembangan ini inflasi kumulatif di Kota Kediri sampai dengan April 2019 adalah 0,59 persen years to date dengan inflasi tahunan 1,91 persen years on tears,” jelasnya, saat konferensi pers bersama Wali Kota Kediri, Sekda Kota Kediri, dan Kabulog Kediri, Senin (6/5).

Musni Hardi menambahkan, lebaran biasanya terjadi peningkatan harga bahan pokok makanan mulai minyak goreng, telur, hingga daging ayam. Pada bulan ini, komoditi bawang menyumbang inflasi terbesar yakni bawang putih mengalami inflasi sebesar 44,59 persen, dan bawang merah mencatat inlflasi 46,45 persen. Namun, prospek inflasi indeks harga konsumen (IHK) pada tahun 2019 masih terkendali pada sasaran inflasi nasional 3,5 persen.

“Mempertimbangkan perkembangan inflasi pada 2019, perkembangan harga sampai dengan minggu pertama bulan Mei ini, dan beberapa indikator makroekonomi terkini, inflasi Kota Kediri pada Mei diperkirakan sedikit meningkat. Meskipun demikian, inflasi diperkirakan mampu tertahan oleh kecukupan stok beras, rencana realisasi impor bawang putih, dan konsistensi TPID dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Kediri,” jelasnya.

Sementara itu, Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri meminta, warga Kota Kediri tidak khawatir dengan situasi tersebut. Harga – harga bahan pokok makanan yang mulai merangkak naik tersebut tidak akan lama lagi akan stabil, pasalnya Pemerintah Kota Kediri akan melakukan operasi pasar murah setiap hari selama bulan suci Ramadan.

“Inflasi pada bulan kemarin penyumbangnya paling besar makanan, namun tidak perlu khawatir kami sedang dan akan melakukan operasi pasar. Ini akan menstabilkan harga – harga yang mulai tinggi, khususnya bawang putih,” tandasnya.(adv)

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date