Impor Dihentikan, Harga Gula Melonjak Naik

Lamongan, koranmemo.com – Saat ini gula pasir mengalami kenaikan harga. Dari yang sebelumnya Rp 15 ribu, kini bisa mencapai Rp 17 ribu – Rp 19 ribu/kilogram. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lamongan, M. Zamroni.

Disebutkan Zamroni jika kenaikan harga itu, dalam sepekan pihaknya sudah melakukan pemantauan di sejumlah pasar. Hal itu menyusul pemerintah menetapkan harga tetap Rp 12.500 per kilogram. Bahkan, di pasaran banyak pedagang yang menjual diatas Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Iya betul, harga gula pasir di pasar sudah mencapai Rp 15 ribu – Rp 16 ribu/perkilogram. Dalam waktu dekat kami akan melakukan operasi pasar ke sejumlah pasar yang ada di Lamongan. Tujuannya untuk membantu masyarakat,” jelas Zamroni.

Informasi yang berhasil di himpun, di sejumlah pasar seperti halnya di Pasar Sidoharjo harga gula pasir kini mulai melonjak naik. Itu sebagai bukti jika pedagang eceran terkena imbas dari penghentian impor lantaran saat ini masih musim tanam tebu.

Kenaikan harga gula saat ini telah melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah yakni Rp. 12.500. “Harga gula saat ini sudah Rp 16.000 perkilogramnya,” ujar Hj. Sulah salah satu pedagang gula di pasar Sidoharjo Lamongan, Selasa (10/3).

Ditambahkan, dirinya tidak mengetahui kenapa harga gula saat ini mulai naik kembali. Kenaikan harga gula sudah sejak 2 pekan yang lalu, awalnya harga gula Rp 15 ribu per kilogramnya, namun sekarang sudah naik kembali.

Tak hanya itu, tambah Sulah, harga gula merah juga naik. Awalnya harga gula merah Rp 14 ribu kini merangkak naik menjadi Rp 15 ribu. Namun produksi untuk eceran kami masih lancar meskipun harga gula pasir dan gula merah naik.

Sementara itu, beberapa pedagang lain merasa khawatir jika hal itu diikuti kebutuhan pokok yang lain. Sudah barang tentu jika tidak segera diatasi bakal berdampak keresahan bagi ibu-ibu yang biasanya belanja kebutuhan dalam setuap harinya.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu