Ilegal Logging, Kades Bakri Divonis Tiga Bulan Penjara

Madiun, koranmemo.com – Terdakwa ilegal logging, Bakri yang juga Kepala Desa Rejomulyo, Kecamatan Karangjati, Ngawi akhirnya divonis tiga bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Madiun.

Hal ini diungkap Humas PN Kabupaten Madiun, Ahmad Soberi. Ia mengatakan, kasus Bakri telah diputuskan dengan tiga bulan kurungan penjara dan denda Rp. 3,5 juta  subsider satu bulan kurungan.

Kata Soberi, putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU)  yang dibacakan pada sidang  dengan agenda tuntutan Senin (12/8).

Sebelumnya, JPU menuntut Bakri selama lima bulan penjara dan denda Rp 3,5 juta subsider satu bulan penjara.

Menurutnya, tuntutan tersebut disesuaikan dengan besaran kesalahan serta  kerugian  dilakukan terdakwa Bakri. Namun, katanya, setelah tuntutan jaksa, Bakri tidak mengajukan pembelaan hanya saja minta  keringanan hukuman.

Adapun, putusan dijatuhkan dengan dasar pertimbangan ringan dan fakta kesalahan yang diperbuat. Bakri dan kawannya tertangkap dalam posisi barang belum beralih dan belum menikmati hasilnya. Dalam.pengakuannya, terdakwa katanya  baru melakukan pertama kali.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, terdakwa dijerat Pasal 82 Ayat 2 juncto Pasal 82 ayat 1 huruf b UU RI No 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date