Idul Adha, Komunitas Sanggar Hijau Bagikan Seribu Besek Demi Kurangi Sampah Plastik

Share this :

Jombang, koranmemo.com РHari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, komunitas sanggar hijau di Jombang membagikan ribuan besek bambu kepada masyarakat di seluruh kota santri. Hal ini dilakukan diantaranya untuk digunakan tempat daging kurban, sebagai pengganti kantong plastik saat.

Ketua Divisi Re Use Sanggar Hijau, Intan Mey (25), mengatakan, besek tersebut akan dibagi-bagikan ke musala dan masjid yang berjumlah sekitar 1230 besek. Dijelaskan kegiatan tersebut baru pertama kali dibagikan kepada seluruh masyarakat Jombang melalui para relawan sanggar tersebut. Dengan tujuan mengetuk empati teman-teman atau orang-orang, karena untuk mengatasi permasalahan sampah plastik ini harus dibentuk bersama-sama, terlebih pada saat lebaran kurban.

“Gerakan di sanggar hijau ini terbentuk mulai 2017, tapi untuk kegiatan ini baru pertama kali dibagikan ke seluruh Jombang, karena ditahun sebelumnya kita hanya membagikan satu kecamatan saja. Memang tujuan kita di momen seperti ini harus seluruhnya bekerja sama untuk mengurangi sampah plastik. Semenjak kita share flayer (poster) melalui media sosial, ternyata banyak orang yang berdonasi membantu, dan sekarang kita yang sudah terkumpul dari awal 100 kini bisa mencapai 1230 besek,” ungkap Intan Mey seusai mengirimkan besek ke musalla di Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang, Jumat (31/7).

Bahkan, para rekan-rekan sanggar hijau ini bersama relawan hanya ingin mengedukasi dan mengetuk hati masyarakat agar sampah plastik ini bisa berkurang, seperti saat pembagian kurban di setiap musala ataupun masjid selalu pakai kantong plastik. Dirinya juga disaat membagikan memberikan besek menyampaikan sosialisasi bahayanya plastik serta pengurangannya, dan dengan memakai besek mereka juga turut membantu warga kota santri pengrajin besek.

“Ketika kami memberikan besek sebagai ganti tas kresek, teman-teman juga memberikan edukasi sosialisasi atas bagaimana mengurangi sampah itu dan bahayanya. Kalau untuk donaturnya bermacam-macam, dengan menggalakkan gerakan 21 ribu atau menyumbang berapapun boleh demi membantu permasalahan ini. Selain itu kita juga turut serta menyelamatkan perekonomian pengrajin besek di Jombang disaat semasa sulit ini di masa pandemi Covid-19,” terangnya.

Sementara itu, Djuwariyah, salah satu penjaga Musala Baitur Rohim di RT 1/RW 1 Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang ini mengaku bangga kepada para relawan sanggar hijau. Pemberiannya ini yang kedua, dengan memberikan 100 besek di mushalla, yang rencananya besok akan menyembelih kambing. Kemudian tempat ini (besek) pihaknya ingin mengedukasi juga kepada warga sekitar, agar tidak memakai lagi kantong plastik.

Reporter : Taufiqur Rachman

Editor Achmad Saichu