HUT Bhayangkara, 5 Warga Dapat SIM Gratis

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Pelayanan pembuatan SIM gratis oleh jajaran Satlantas Polres Kediri Kota untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli, setidaknya sudah ada 5 warga yang mendapat SIM gratis, Selasa (2/7). Program tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 2 Juli sampai tanggal 3 Juli dan diikuti oleh 6 pemohon SIM.

Kasatlantas Polres Kediri Kota, AKP Ahmad Risky Ferdian Caropeboka menjelaskan, pelayanan SiM gratis tersebut tidak langsung diberikan kepada warga yang lahir pada tanggal 1 Juli yang sudah mendaftar. Namun, mereka harus melengkapi persyaratan, tentunya juga lulus dalam tes teori maupun praktik.

Setelah melakukan pendaftaran pada tanggal 1 Juli, petugas mengarahkan masyarakat supaya datang kembali untuk mengikuti proses pembuatan SIM. Pasalnya, Satpas SIM Polres Kediri Kota, masih memberikan pelayanan bagi masyarakat umum yang tidak mengikuti pelayanan SIM gratis.

Kelima warga yang lulus merupakan warga Kota Kediri, tiga diantaranya laki-laki dan dua lainnya perempuan. “Yang sudah mendaftar ada enam, tapi yang mengikuti proses pembuatan SIM hanya lima. Empat orang membuat C dan satu orang membuat SIM A. Ternyata, nilai mereka juga tinggi,” ujar Risky, Selasa (2/7).

Mereka mendapat SIM setelah dinyatakan lulus administrasi serta lulus ujian teori mapun praktik. Saat mengikuti ujian teori, rata-rata nilai yang diperoleh di atas 84, dan saat ujian praktik semua pemohon SIM hampir tidak membuat kesalahan.

Selain itu, saat penyerahan SIM kepada para pemohon, petugas juga mempersiapkan kue ulang tahun lengkap dengan lilin yang menyala. Lantunan lagu ulang tahun juga mengiringi selama pemberian kue tersebut. Sontak, acara dadakan tersebut membuat warga yang datang di Satpas berkerumun dan mengabadikan momen itu.

Menurut Kasat Lantas, dengan adanya kegiatan tersebut, juga mengingatkan kepada petugas untuk senantiasa melayani mayarakat dengan baik. “Untuk pemberian kue, memang spontan. Selain memperingati Hari Bhayangkara yang jatuh pada tanggal 1 Juli, ini juga bisa menjadi momen berharga bagi pemohon SIM ynag sudah melewati rangkaian tes dengan sungguh-sungguh,” imbuh Risky.

Ada yang menarik dari pemohon SIM yang masuk pelayanan SIM gratis ini, pasalnya ada pasangan suami istri yang sama-sama lahir di tanggal 1 Juli, mereka pun lulus dan memperoleh SIM secara gratis. “Ini rezeki saya dan istri, yang pasti saya sangat senang sudah berhasil lulus dan memperoleh SIM C gratis,” ujar Ribut Bambang Santoso (36), warga Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.

Ia pun berharap, kegiatan sepeti ini menjadi agenda yang diadakan setiap tahun. Sukartun (33), istri Ribut juga mengaharapkan hal yang sama. “Saya juga dapat SIM C, sedikit gugup waktu tes, tapi semua lulus. Semoga saat perpanjangan, juga bisa mengurus secara gratis,” kata Sukartun.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Achmad Saichu