Hujan Tiga Jam, Tebing di Kediri Longsor

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Hujan deras Minggu (22/3) malam mengakibatkan tebing setinggi 4 meter dan lebar 8 meter di Dusun/Desa Pagung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri  longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan saat peristiwa terjadi tidak ada kendaraan yang melintas di jalur ini. Malam itu juga petugas koramil dan Polsek Semen dan BPBD memantau lokasi.

Kemudian Senin (23/3) pagi petugas dan warga melakukan pembersihan di lokasi tersebut. Dengan maksud agar jalur jalan yang  menghubungkan dusun satu ke dusun lainya bisa dilalui warga seperti sebelumnya. Di wilayah Kecamatan Semen khususnya di wilayah lereng Wilis di musim hujan sering terjadi longsor.

Slamet Turmudi Kepala BPBD Kabupaten Kediri mengatakan, pembersihan tanah bekas longsoran dilakukan dengan cara manual.Jika menggunakan alat berat tidak memungkinkan karena kondisi medan yang berat sekalipun sekitar lokasi beraspal. Tindakan pembersihan dilakukan untuk memperlancar arus transpotasi.

“Kita sama-sama bekerja cepat dalam penanganan bencana tanah longsor ini karena longsoran tanah sempat menutup jalan. Karenanya perlu koordinasi dan dalam waktu tiga jam tanah longsoran bisa dibersihkan dan tranpotasi antar Dusun di Desa Pagung bisa lancar kembali,”ujarnya.

Slamet menambahkan, diharapkan warga dalam kondisi cuaca ektrem ini bisa lebih waspada dan hati-hati. Karena bencana sering terjadi dan di wilayah barat sungai sering terjadi longsor dan banjir. Karenanya perlu koordinasi penanganan agar penanggulangan bencana bisa dilakukan dengan baik dan terencana.

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date