Hujan Lebat Sebabkan Longsor Beberapa Titik di Bendungan, Satu Jalan Lumpuh

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Hujan lebat yang melanda wilayah Trenggalek mengakibatkan tanah longsor dan jalan ambles di Kecamatan Bendungan. Sedikitnya sebanyak lima titik dari beberapa desa dilaporkan terdampak kerusakan. Bahkan, satu ruas jalan di Desa Suren Lor putus total. Saat ini petugas tengah mengevakuasi material dan melebarkan jalan alternatif di perkampungan.

Jalan yang terputus total itu berada di RT 14/RW 06 Dusun Bangsalan. Jalan itu ambles sepanjang 20 meter dengan ketinggian sekira 50 meter. Akses jalan menuju Desa Dompyong itu terputus pasca hujan lebat pada Sabtu (4/4) sekitar pukul 17.00 WIB. “Menurut laporan yang kami terima ada lima titik,” kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Minggu (5/4).

Lima titik itu tersebar dua titik di Desa Dompyong, dua titik di Desa Masaran dan Desa Suren Lor. Beberapa material longsor mayoritas menutup separuh badan jalan. Namun yang paling parah adalah jalan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Trenggalek dengan Kecamatan Bendungan di Desa Suren Lor. “Sebetulnya ada jalan-jalan lewat perkampungan, kami masih melebarkan jalur alternatif,” imbuhnya.

Jalur alternatif itu bakal dilebarkan agar bisa dilalui kendaraan roda empat dan dua. Sejauh ini pihaknya belum menerima laporan adanya desa yang terisolir. Pemerintah setempat telah melakukan identifikasi, agar jalan yang rusak itu bisa difungsikan seperti sebelumnya. “Kami lakukan secepat mungkin, karena itu jalan utama cukup besar,” pungkasnya.

Pasca longsor, petugas gabungan langsung meninjau lokasi dan memasang garis pembatas. Rencana evakuasi terpaksa ditunda lantaran hujan yang masih mengguyur wilayah setempat. Evakuasi material longsor dilakukan pada Minggu (5/4). Hingga saat ini proses evakuasi masih terus berlangsung. “Mudah-mudahan tidak hujan lagi agar material segera bisa dievakuasi,” kata Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak.

Reporter: Angga Prasetya
Editor: Della Cahaya