Hujan Deras, Sidoarjo Terendam Banjir

Sidoarjo, koranmemo.com – Hujan deras di wilayah Sidoarjo mengakibatkan ribuan rumah warga di desa/kota Sidoarjo terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. Selain jalan raya Porong, beberapa desa di Kecamatan Porong, Tulangan, Krembung, Candi, dan Tanggulangin juga banjir, Selasa, (28/11/2017).

Para korban banjir ini memilih tinggal di rumahnya dan tidak mau pergi atau mengungsi.” Saya di rumah saja mas. Kalau mengungsi takut  barang-barang saya hilang,” kata Andi salah satu warga Wunut yang rumahnya terendam air. Selasa, (28/11/2017).

Kepala Desa Wunut, Muhammad Hadi menyebutkan, sebanyak 1500 KK ada di desa ini. Bahkan kalau diprediksi untuk kawasan Kecamatan Porong bisa mencapai belasan ribu. “Aktivitas warga cukup terganggu,” ucapnya.

Disamping itu, lanjutnya, banyak desa tetangga yang kebanjiran. Menurutnya, pasokan air bersih sangat dibutuhkan. “Kami berharap Pemkab Sidoarjo serius dalam menangani masalah banjir ini,” harapnya.

Untuk Kecamatan Porong, beberapa Desa yang dilanda banjir yakni di Desa Candi Pari, Pesawahan, Kesambi, Wunut, Pamotan, Kedungboto, Lajuk, Gedang dan Desa Juwet Kenongo.

Sofiah, (32) warga Candi Pari, Porong menyebutkan, banjir kali ini adalah yang terparah. Ketinggian air sampai di atas lutut orang dewasa dan bahkan air  banyak yang masuk ke pemukiman warga. “Sampean (kamu) lihat sendiri tingginya banjir seperti apa,” tukasnya.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Candi terjadi genangan air di Desa Balongdowo dan Karang Tanjung. Untuk di Kecamatan Tanggulangin, banjir merendam di Desa Ketapang, Desa Kalitengah dan Desa Kedensari.

Dusun Kersan Desa Wonokasian Kec. Wonoayu, Desa Rejeni Kec. Krembung serta Desa Kepunten Tulangan juga mengalami hal yang sama.

Banjir terjadi diduga akibat intensitas hujan lebat dan meluapnya beberapa sungai di masing-masing kawasan.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.