Hujan Deras, Rumah di Mojo Jebol Diterjang Tanah Longsor

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Kejadian tanah longsor mengakibatkan rumah warga yang berada di Dusun Suweru Desa Petungroto Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri milik Muaji, jebol pada bagian dapur, Rabu (15/1) petang.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, dari hasil asesmen tim di lokasi kejadian, tanah longsor disebabkan hujan deras yang turun sejak sore hari.

Terlebih lagi, selama 4 hari terakhir tidak turun hujan sehingga tanah lebih cepat menyerap air. “Kondisi ini membuat tanah lebih kuat menyerap air. Jumlah air yang cukup banyak menyebabkan kontur tanah lembek (rapuh) sehingga terjadi tanah longsor,” jelasnya.

Bahkan, dari keterangan petugas yang berada di lokasi kejadian, kata Slamet, setelah kejadian tersebut hujan masih turun namun dengan intensitas rendah. Akibat kejadian ini, petugas masih belum dapat memastikan kerugian yang dialami Muaji.

Meskipun tembok rumah bagian dapur jebol akibat tertimbun longsoran tanah, beruntung dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. “Tidak ada korban jiwa. Lereng Gunung Wilis ini memang cukup rawan dan daerah Petungroto masuk dalam peta rawan bencana,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor :  Achmad Saichu