Hujan Deras di Blitar: Talut Longsor, Puluhan Rumah Terandam

Blitar, koranmemo.com – Hujan deras yang mengguyur Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar pada hari Selasa (12/01) hingga dini hari, Rabu (13/01) mengakibatkan talut penyangga tanah yang ada di lingkungan RT 02 RW 01 longsor dan menutupi aliran sungai setempat.

Achmad Cholik, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Blitar menjelaskan, talut penyangga tanah yang longsor tersebut memiliki tinggi 5 meter dan panjang 13 meter.

“Maka dari itu longsoran talut yang menutupi aliran sungai tersebut mengakibatkan air meluap dan naik ke pemukiman warga yang ada di sekitarnya,” katanya.

Akibat luapan air sungai tersebut, sebanyak 15 unit rumah yang ada di lingkungan RT 02 RW 01 Kelurahan Beru terendam setinggi betis orang dewasa.

“Alhamdulillah tidak ada yang meninggal atau luka ringan atau berat pada kejadian tanah longsor itu, serta juga tidak ada kerugian yang dialami oleh warga sekitar,” tambahnya.

Baca Juga: Dukun Pijat Saraf di Blitar Setubuhi Gadis Bawah Umur

Baca Juga: Duh, Bapak di Blitar Ajak Anaknya Nyolong Motor

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, SMPN 3 Kota Blitar Jadi Rumah Isolasi Alternatif

Pasca kejadian tanah longsor itu, petugas yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, perangkat desa dan masyarakat secara gotong royong melakukan kerja bakti pembersihan untuk normalisasi aliran sungai yang tertutup puing material talut tersebut.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati pada saat musim penghujan seperti ini, serta segera berkomunikasi dengan pihak BPBD jika terjadi bencana agar dapat segera ditanggulangi oleh petugas,” tutupnya.

Reporter: saifudin/abdul aziz wahyudi
Editor Achmad Saichu