Hujan dan Angin Kencang: Atap Kediri Mall Timpa Rumah Warga, Tempat Pariwisata Porak Poranda

Kediri, koranmemo.com – Hujan dan angin kencang kembali menerpa wilayah Kota Kediri Rabu (25/12) sekitar pukul 14.30 WIB. Akibat hujan deras rumah warga di Jalan Joyoboyo Kota Kediri tertimpa atap Kediri Mall yang jatuh karena angin kencang. Sementara di lokasi Pariwisata Goa Selomangleng, puluhan pohon tumbang dan beberapa lapak pedagang rusak.

Ida (37) warga Jalan Joyoboyo Kecamatan Kota Kediri, mengatakan terlebih dahulu hujan deras turun sebelum akhirnya angin kencang menerpa. Durasi hujan dan angin pun cukup lama lebih dari 5 menit. “Agak lama tadi, ya tiba-tiba hujan lalu atap mall beterbangan. Kalau atap rumah saya tidak ada yang rusak karena angin, tapi mungkin karena tertimpa seng yang jatuh membuat atap rumah bocor,” katanya.

Minarsih (37) pedagang makanan dan minuman di lokasi Wisata Goa Selomangleng menjelaskan, hujan deras terjadi tiba-tiba setelah langit mendung. kerugian materi dialami karena banyak lapak warga yang rusak diterjang angin kencang. Ada salah satu lapak pedagang tertimpa pohon, tapi beruntung tidak ada korban jiwa di sana.

“Memang langitnya gelap tidak seperti mendung di hari-hari sebelumnya. Kami tidak bisa mengamankan barang dagangan karena hujan dan angin datang begitu cepat. Ya akhirnya terop-terop untuk pagelaran seni jaranan terbang dan rombong saya dan teman-teman tidak sempat diamankan. Semua langsung lari menyelamatkan diri ketika angin kencang datang,” ujarnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Destinasi Wisata, Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Yusuf Ardata menuturkan tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Pohon tumbang sempat membuat salah satu kaca mobil pengunjung pecah. “Kebanyakan korban materi memang dari PKL, karena sempat ada lapak yang tertimpa dan dagangan diterjang angin. Untuk pengunjung yang kaca mobil pecah legowo karena memang kejadian ini sebuah bencana,” tutupnya.

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date