Hitung Sementara KPU, Paslon Mas Abu-Ning Lik Unggul Telak

Share this :

Kediri, koranmemo.com- Pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Kediri , Abdullah Abu bakar dan Lilik Muhibbah unggul telak dari paslon lain versi aplikasi sistem informasi hitung sementara (Situng) hitung Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam data tersebut masih bersifat sementara sehingga belum ada kepastian sampai ada penetapan resmi dari KPU setempat.

Situng KPU Kota Kediri mencatat, suara dari 148 tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah, pada pukul 20.04 WIB, ada 44.041 suara. Dengan total itu, paslon petahana Abdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah unggul dengan perolehan suara 24.715. Paslon nomor satu Aizzudin Abdurrahman – Sudjono Teguh Widjaya memperoleh  8.674 suara. Sedangkan, paslon nomor tiga Samsul Ashar – Teguh Juniadi mendapatkan suara 10.652.

Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq mengatakan, semua data yang sudah dihitung di TPS akan diterima KPU. Setelah itu, pihak KPU akan memasukan data ke Situng agar masyarakat bisa mengetahui sementara hasil yang diperoleh. Rofiq mengatakan, quikc count versi KPU itu lebih akurat dibanding hitung cepat versi survey lainnya.

“Insyaallah ini lebih akurat, karena seluruh perolehan suara di semua TPS akan dientry di aplikasi sistem informasi hitung sementara,” jelasnya.

Dengan keunggulan yang cukup jauh membuat paslon petahana tersebut sulit terkejar dari paslon lainnya. Mas Abu sapaan akrab Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan, optimis bisa kembali memimpin Kota Kediri untuk lima tahun kedepan.

“Kita harus optimis, kita memiliki komitmen terhadap konsep pembangunan yang akan kita terapkan di Kota Kediri. Yaitu membangun bersama dengan masyarakat Kota Kediri, bisa unggul, bisa lebih makmur bersama harmoni,” katanya.

Reporter: Zayyin Multazam
Editor: Achmad Saichu