Heboh, Dikira Suara Kucing Ternyata Bayi Dalam Kardus

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Warga Desa/Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek khususnya yang tinggal di sekitar Dusun Payaman dibuat heboh, Jumat (18/1), dikejutkan dengan penemuan bayi dalam kardus yang diduga sengaja dibuang kedua orangnya, tepatnya di tepi jalan areal persawahan di sekitar Jalan Baru.

Bayi malang berjenis kelamin laki-laki dengan panjang 50 centimeter (cm) dan berat 2,3 kilogram (kg) kini tengah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Dokter Soedomo Trenggalek. Pasalnya saat ditemukan, kondisi kesehatan bayi melemah karena kedinginan.

Bayi yang diduga dibuang oleh orang tuanya pasca melahirkan itu pertama kali diketahui oleh Ruli Febrianto (37) warga RT 02/RW 01 Dusun/Desa/Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, sekitar pukul 09.30 WIB. Saat itu dia tengah berada di sawah untuk menanam cabai.

“Saya pikir itu kucing beranak dibuang di sini, suaranya hampir mirip. Untuk memastikan kok ada kardus tak ceklah, ternyata ada kaki bayi di atas. Saya pastikan ini kaki boneka atau kaki bayi dan saya pastikan kelaminnya kelihatan, saya nggak berani buka. Masih hidup karena terdengar suara tangisan,” kata Ruli kepada awak media di lokasi.

Mengetahui ada sosok bayi dalam kardus lengkap dengan ari-arinya, Ruli sontak menjerit histeris. Teriakannya terdengar warga sekitar yang berada disekitar sawah. Saat itu, Zainuddin (44) warga RT/RW 04 Dusun Payaman Desa/Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek yang tengah melintas segera memberikan pertolongan bersama sejumlah warga lainnya.

“Ada teman-teman di sini saya suruh menyaksikan. Kemudian ada teman yang melaporkan ke Polsek Durenan dan segera menghubungi Puskesmas,” pungkasnya. Selang beberapa saat Petugas Polsek dan Puskesmas Durenan segera mendatangi lokasi untuk memberikan pertolongan kepada bayi malang itu.

Kapolsek Durenan AKP Mochamad Solichin, melalui Kanit Reskrim, Ipda Katik mengatakan, setelah mendapat laporan warga pihaknya segera mendatangi lokasi bersama petugas kesehatan. Kemudian bayi malang itu segera dibawa ke Puskesmas Durenan sebelum akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Dokter Soedomo Trenggalek.

“Kami menghubungi pihak puskesmas, terus bersama-sama membawa bayi yang diduga baru dilahirkan itu ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan,” kata Tatik kepada Koranmemo.com saat dikonfirmasi pasca kejadian.

Baca juga : Kondisi Bayi Dalam Kardus di Area Persawahan Durenan Trenggalek Mulai Membaik

Saat ini pihaknya bersama Polres Trenggalek masih melakukan pemeriksaan dan pendalaman mengenai dugaan unsur kesengajaan bayi malang yang sengaja dibuang oleh kedua orang tuanya. Pihaknya telah meminta keterangan sejumlah saksi mata, termasuk beberapa orang yang pertama kali menemukan bayi malang tersebut.

“Untuk perkara ini masih penyelidikan, baik Polsek maupun Polres terkait siapa yang diduga membuang bayi ini,” pungkasnya.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu