Haul Bung Karno, Spirit Nasionalisme dan Gotong Royong

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Pemerintah Kota Blitar menggelar peringatan haul ke 50 Bung Karno, Sabtu (20/6/2020). Namun peringatan haul 50 Bung Karno (BK) dilakukan secara sederhana. Pemerintah hanya menggelar kataman Al Quran dan doa lintas agama di area makam Bung Karno.

“Hari ini kita melakukan ziaroh ke yang biasanya kita lakukan dengan meriah. Namun kali ini kita lakukan secara sederhana. Hari ini kita lakukan ketaman al quran dan doa lintas agama,” ungkap Wali Kota Blitar Santoso.

Spirit haul Bung Karno, ada tiga momentum pada bulan Bung Karno. Pertama 1 Juni yang merupakan hari lahir pancasila. Kedua 6 juni yang merupakan hari lahir Bung Karno dan tanggal 21 merupakan hari wafatnya Bong Karno.

Santoso mengungkapkan Bung Karno tidak hanya ikon bangsa namun juga inspirasi bangsa lain dalam memperjuangkan Bangsa Indonesia. Salah satunya adalah semangat nasionalisme dan gotong royong yang diajarkan Bung Karno. Dengan semangat nasionalisme dan gotong royong, masyarakat diminta bersatu dalam menghadapi wabah covid – 19 seperti saat ini.

Seperti kebersamaan TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat saat ini yang bergotongroyong menghapi Covid – 19. Diharapkan dengan semangat gotong royong ini dapat mencegah penyebaran Covid – 19 di wilayah Blitar Kota.

“Tidak hanya bangsa indonesia namun seluruh dunia dilanda wabah covid 19 ini,” ungkap Santoso.

Reporter Nuramid Hasyim
Editor Achmad Saichu