Hasil Tangkapan Ikan Naik

Share this :

Lamongan, Koran Memo – Banjir yang merupakan momok bagi masyarakat Lamongan ternyata juga punya sisi positif. Intensitas curah hujan yang tinggi hingga menggenangi tambak milik petani ikan malah berbuah rezeki. Kondisi itu mampu mendongkrak produksi perikanan di perairan umum, seperti sungai, waduk, maupun rawa.

Petani tambak sedang mengangkat jala yang dipasang di sebuah sungai. (afit/memo)
Petani tambak sedang mengangkat jala yang dipasang di sebuah sungai. (afit/memo)

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang(Kabid) Perikanan Tangkap Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan, Nanuk Qomariyati. Menurutnya, banjir yang merendam area tambak, secara tidak langsung meningkatkan jumlah produksi perikanan di perairan umum Kabupaten Lamongan.“Insya Allah kalau ada banjir, penangkapan ikan di perairan umum akan meningkat,” ujar mantan dosen fakultas pertanian UNISDA itu kepada Koran Memo, Rabu (6/4).

Nanuk menyebut jumlah penangkapan ikan di perairan umum pada tahun 2015 kemarin mengalami kenaikan sekitar 1,5 persen. “Pada tahun 2015 kemarin jumlah produksi perairan umum yang meliputi sungai, waduk dan rawa, adalah sekitar 2,9 ton. Jumlah tersebut meningkat 1,5 persen,” ujarnya.

Sementara, pasca banjir yang terjadi 2016 ini, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan masih belum menerima data mengenai produksi perikanan di perairan umum. Hal itu disebabkan terbatasnya jumlah tenaga lapangan.  “Untuk tahun 2016 belum ada laporan yang masuk ke kita, banyak kendala diantaranya jumlah penyuluh yang masih minim. Idealnya, satu desa ada dua penyuluh, tapi saat ini justru satu penyuluh merangkap dua sampai tiga desa,” tandas pejabat berusia 54 tahun itu.

Sementara itu, meski produksi perikanan di perairan umum senantiasa meningkat secara alami, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan tetap menggenjot jumlah produksi dengan beberapa alternatif.  Salah satunya restocking yaitu penyebaran bibit – bibit ikan di perairan umum. “Untuk menunjang peningkatan produksi, kita akan galakkan program restocking atau penyebaran benih ikan di perairan umum,” tutrnya. (fit/riz)