Hari Pertama UNBK, Plh Wali Kota Kediri Sidak ke Sekolah

Kediri, koranmemo com – Plh Wali Kota Kediri Budwi Sunu didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto melakukan sidak (inspeksi mendadak) pada hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (22/4). Ada dua lembaga yang ditinjau yakni sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 2 Kota Kediri dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Kota Kediri.

Plh Wali Kota Kediri, Budwi Sunu mengatakan, dalam kegiatan ini diharapkan dapat mengetahui pelaksanaan UNBK serta melihat persiapan lembaga sekolah baik perangkat komputer, sambungan server, dan pihak pengawas. “Ini tahun ketiga pelaksanaan ujian berbasis komputer dan harus dipersiapkan dengan maksimal sehingga dapat berjalan dengan lancar,” jelasnya, saat ditemui Koranmemo.com.

Ujian berbasis komputer ini, lanjutnya, selain mengajarkan nilai-nilai kejujuran, namun juga membiasakan para peserta ujian untuk mandiri. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan ujian lebih rendah jika dibandingkan saat melaksanakan ujian berbasis kertas. Pelaksanaannya pun lebih praktis dan cepat, karena semua sudah terkoneksi secara online.

Namun saat pelaksanaan ujian berbasis komputer, pihak penyelenggara (lembaga pendidikan), harus sigap jika ada kendala di tengah-tengah proses ujian. Hal-hal yang patut diwaspadai misalnya, koneksi internet dan yang terpenting adalah aliran listrik. Jika tiba-tiba salah satu terjadi gangguan, proktor harus segera berkoordinasi dengan pihak Disdik sehingga masalah cepat diselesaikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Siswanto menjelaskan, selama proses pemantauan, tidak ada laporan kendala maupun sarana dan prasarana yang terganggu. Pasalnya, sebelumnya pihak sekolah juga sudah melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN-BK) sehingga pelaksanaan ujian hanya tinggal mengulang.

Meskipun demikian, diharapakan sampai selesai pelaksanaan UNBK jenjang SMP sederajat ini, dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun. Pihaknya juga berharap, dengan dilaksanakan ujian, dapat meningkatkan kwalitas pendidikan di Kota Kediri, baik lembaga pendidikan negeri maupun lembaga pendidikan swasta. (Adv)

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Achmad Saichu