Hari Pahlawan Bentangkan Bendera 80 Meter

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Sebanyak 110 mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Jombang, memperingati hari pahlawan dengan cara berbeda. Mereka membentangkan bendera sepanjang 80 meter dan lebar 2 meter mengelilingi tugu di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kabupaten Jombang, Kamis (10/11).

Pantauan wartawan, aksi ratusan mahasiswa dari Program Studi (Prodi)  Pendidikan Bahasa dan Sastra diawali dengan melakukan longmarch dari kampus STKIP yang ada di Jalan Pattimura, menuju TMP Kabupaten Jombang di jalan Pahlawan Kusuma Bangsa sejauh sekitar 2 kilometer. Mereka menyusuri jalan sambil membawa bendera merah putih.

Sesampainya di TMP, para mahasiswa terlebih dahulu menggelar terlabih dahulu melakukan doa bersama dilanjutkan aksi tabur bunga. Setelah itu mereka baru membentangkan bendera mengelilingi tugu TMP.

Kemudian, dua orang mahasiswa membacakan puisi bertema kepahlawanan. Sementara mahasiswa lain mengiringi pembacaan puisi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu Indonesia Tanah Air Beta.

“Aksi bentang bendera kami maknai sebagai simbol kemerdekaan, persatuan dan kebinekaan,” kata Ketua Program Studi (Ka Prodi) Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia STKIP, Susi Darihartining kepada wartawan di TMP.

Aksi bentang bendera sendiri menurut Susi dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan. “Kini tugas kita sebagai generasi penerus bangsa adalah melanjutkan perjuangan para pahlawan di bidang masing-masing sebaik mungkin. Semangat pantang menyerah para pahlawan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi mereka kalangan mahasiwa,” tambahnya.

Abi Utomo, mahasiwa semester 3 yang ikut dalam aksi bentang bendera menambahkan, aksi yang digelar mahasiswa putra dan putri itu akan dilakukan secara rutin tiap tahun ketika peringatan hari pahlawan. “Memang ini masih pertama kalinya. Bendera memakai milik Pramuka STKIP. Nanti akan menjadi agenda tahunan,” ujarnya.

Sementara, usai aksi bentang bendera, ratusan mahasiswa kembali ke kampus dengan pengawalan petugas kepolisian setempat. (ag)

Follow Untuk Berita Up to Date