Hari Kedua Pemutihan, Samsat Surabaya Diserbu Pemohon

Surabaya, koranmemo.com – Memasuki hari kedua pemberlakuan pemutihan sejak  pagi, hingga siang Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau Samsat Surabaya Timur bertempat Jalan Manyar Kertoarjo No. 01 Surabaya, terus ramai didatangi pemohon. Mereka  memanfaatkan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, dalam penghapusan denda pajak 2 persen setiap bulan dan gratis biaya balik nama.

Program penghapusan denda pajak ini, dikeluarkan Pemrov Jatim mulai 23 Oktober sampai dengan 28 Desember 2017. Tercatat jumlah penunggak pajak kendaraan baik roda 2 (R2) maupun roda 4 (R4), sbelumnya mencapai hampir 30 persen di Jawa Timur.

Dengan adanya program penghapusan denda tersebut, diharapkan masyrakat untuk lebih disiplin dalam kepemilikan kendaraan.

Untuk program pemutihan pajak kendaraan bermotor pada tahun ini, masyarakat atau pemilik kendaraan yang akan mengurus wajib pajak, tak akan dibebankan denda 2 persen, dari pajak pokok kendaraan dalam setiap bulannya. Selain itu, masyarakat juga dibebaskan biaya, untuk pengurusan balik nama kendaraan.

Sementara, Pemohon atas nama Ririn, bertempat tinggal Jalan Jojoran Surabaya mengatakan, dengan adanya program penghapusan denda pajak atau pemutihan ini antusias merasa senang bisa mengurusnya karena pajak kendaraan bermotor saya sudah mati lama,” akunya Kepada koranmemo.com.

Administratur Pelayanan (Adpel) Kantor Bersam Samsat Surabaya Timur, Bambang Sutikno menjelaskan, untuk hari pertama kemarin dan hari kedua sekarang, masyarakat yang memanfaatkan program penghapusan denda pajak kendaraan bermotor, meningkat 20 persen dari hari biasanya. ” Rata-rata didominasi oleh kendaraan roda dua (R2),” Ucapnya, Selasa, (24/10), sekitar pukul 12:10 Wib, Siang.

Ditambahkannya, program penghapusan denda pajak dapat dimanfaatkan masyarakat, yang selama ini masih menunggak membayar pajak kendaraan. Namun program pemutihan denda pajak ini, hanya berlaku penghapusan denda, untuk pokoknya tetap normal sesuai pajak yang terlampir di STNK,” Terangnya.

Reporter : Achmad Alamuddin

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.