Hargai Cabai Kembali Meroket

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Setelah harga ayam mulai merangkak naik, kini malah beberapa harga kebutuhan pokok di Blitar kembali fluktuatif,harga cabai rawit meroket tinggi membuat beberapa orang mengeluhkan kondisi ini. Hal ini terjadi di beberapa pasar di Kota Blitar. Diketahui jika harga cabai kini menyentuh angka Rp 50 ribu per kilogram. Padahal pada normalnya harga cabai rawit ini sekitar Rp 6 ribu hingga Rp 8 ribuan per kilogramnya.

Seperti yang disampaikan penjual cabai di Pasar Legi Kota Blitar,Mustofa (40), harga melambung tinggi setelah beberapa hari ini. “Waktu lebaran dulu malah harganya normal. Setelah lebaran selesai harga malah terus meningkat seperti saat ini sampai Rp 50 per kilogram,” ungkapnya, Jumat (05/07).

Menurutnya, penyebab naiknya harga cabai ini karena stok yang dikirim distributor sedikit, sehingga tiap harinya harga cabai naik sekitaran Rp 5 ribu. Dampaknya kini para pembelipun lesu untuk membeli cabai yang mahal ini. “Sejak seminggu lalu naik terus sehari naik Rp 5 ribu. Akhirnya kini jadi sepi pembeli karena harganya tinggi,” ujarnya.

Sementara seorang pembeli Lia Agustina mengeluhkan tingginya harga cabai ini. Membuat pengeluaran belanja menjadi meningkat untuk membeli cabai ini. “Kalau saya tiap hari butuh cabai karena buat usaha dagang, makanya bumbu tidak diberi cabai tidak enak. Karena cabai mahal ini jadi beli sedikit-sedikit agar pengeluaran tidak membengkak,” jelasnya.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu