Harga Cabai Terus Naik, Pemkot Blitar Belum Bertindak

Blitar, koranmemo.comHarga cabai berbagai jenis terus merangkak naik. Usai harga turun saat bulan puasa dan lebaran tahun ini. Bahkan, harga cabai kini mencapai Rp 54 ribu per kilogram. Meski demikian Pemerintah Kota Blitar bertindak untuk mengatasi kenaikan harga tersebut.

Harga cabai rawit di pasar tradisional Kota Blitar terus merangkak naik. Setiap harinya harga cabai mengalami kenaikan kisaran Rp 1.000 hingga Rp 5.000. Pantauan di Pasar Legi Kota Blitar, harga cabai kini menyentuh angka Rp 50 ribu kilogram. Padahal pada normalnya harga cabai rawit ini sekitar Rp 6 ribu hingga Rp 8 ribuan per kilogramnya.“Waktu lebaran dulu malah harganya normal. Setelah lebaran, harga malah terus meningkat seperti saat ini sampai Rp 50 ribu per kilogram,” ungkap pedagang cabai di Pasar Legi, Mahmud, Senin (15/7).

Tidak hanya cabai rawit, harga cabai merah besar juga mengalami kenaikan. Jika sebelumnya harga cabai merah besar di kisaran Rp 38.000, kini harganya sudah mencapai Rp 54.000 per kilogramnya. “Cabai merah besar juga naik hari ini,” imbuhnya.

Mahmud tidak mengetahui penyebab kenaikan harga cabai yang signifikan tersebut. Menurutnya, pasokan masih lancar dan stok setiap hari juga terus ada. Kondisi itu membuat masyarakat yang membeli cabai berpikir ulang. “Pembeli hanya membeli sesuai kebutuhan saja, karena harganya mahal,” jelasnya.

Sementara itu, Lismawati salah seorang pembeli mengeluhkan tingginya harga cabai ini. Membuat pengeluaran belanja menjadi meningkat untuk membeli cabai.

“Kalau bumbu tidak diberi cabai tidak enak. Karena cabai mahal ini jadi beli sedikit-sedikit agar pengeluaran tidak membengkak,” katanya.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date