Harga Bahan Pokok Naik Jelang Puasa

Share this :

Trenggalek, Memo – Harga sejumlah bahan pokok menjelang Ramadan 2016 di Kabupaten Trenggalek mengalami kenaikan cukup signifikan. Sementara ketersediaan bahan pokok masih aman.

Salah satu pedagang daging ayam di Pasar basah lingkup Pasar Pon (Rudy/Memo)
Salah satu pedagang daging ayam di Pasar basah lingkup Pasar Pon (Rudy/Memo)

Dalam peninjauan di Pasar Basah Trenggalek, Senin (16/5),  naiknya harga bahan pokok membuat para pedagang resah. Pasalnya mereka bingung untuk menentukan harga yang baru, karena hampir setiap hari ada kenaikan.

Koran Memo langsung menanyakan tentang kenaikan harga bahan pokok kepada Staf Kantor Pasar Pon, Dirmanto menjelaskan bahwa mungkin naiknya harga bahan pokok ini karena menjelang bulan puasa.

Karena seperti biasanya, menjelang bulan puasa pasti akan terjadi pergantian harga. “Sebenarnya yang paling penting bukan masalah naiknya harga tetapi ketersediaan bahan.  Walaupun harga naik dan ibu rumah tangga mengeluh tapi   tetap belanja. Tetapi ketika harga naik dan bahan kebutuhan tidak ada juga tambah bingung.,” ujarnya

Data yang masuk dari para pelaku pasar diambil rata-rata, harga perkilo beras Rp 10 ribu, gula pasir Rp 14 ribu, minyak goreng Rp 10 ribu, telur ayam kampung Rp 28 ribu dan telur ayam ras Rp 18 ribu, susu Rp 10 ribu /2 liter, jagung Rp 4 ribu, tepung terigu Rp 8 ribu, kacang kedelai Rp 8 ribu, mie instan Rp 2 rib, cabai Rp 20 rib, bawang putih Rp 35 ribu dan bawang merah Rp 39 ribu, kacang hijau Rp 22 ribu dan kacang tanah Rp 24 ribu, gas LGP 3kg Rp 17 ribu, ikan bandeng Rp 22 ribu dan tongkol Rp 20 ribu dan sayur Rp 10 ribu.(Rud/Haz)