Hampir 1 Tahun, Polisi Masih Kesulitan Ungkap Pengirim Surat KPK Palsu

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Polres Blitar masih kesulitan dalam mengungkap pembuat surat palsu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dikirim ke sejumlah pejabat di Kabupaten Blitar. Salah satu kendalanya adalah bukti rekaman CCTV yang memperlihatkan pengirim surat tidak terlihat jelas alias kabur.

Kasatreskrim Polres Blitar, AKP Sodik Efendi mengatakan, pihaknya terus melakukan penyelidikan terhadap pembuat surat panggilan palsu tersebut. Sebanyak 26 saksi telah dimintai keterangan namun belum mengarah pada pengirim surat palsu tersebut. “Belum ada titik terang. Dari 26 saksi yang kami periksa belum ada satupun keterangan yang menjurus ke pelaku,” ujarnya, Jumat (19/7).

AKP Sodiq menambahkan, pihaknya telah mengamankan rekaman CCTV yang memperlihatkan seorang pengirim surat palsu KPK menggunakan helm full face. Namun, dari rekaman tersebut justru tidak terlihat jelas pelakunya.

“Salah satu kendala yang kami hadapi CCTV itu kabur. Jadi pria yang tertangkap mengantarkan surat palsu KPK itu pakai helm full face dan wajahnya kurang jelas. Selain itu dalam CCTV itu plat nomor kendaraan yang digunakan juga tidak terlihat jelas,” jelasnya.

Penyidik Polres Blitar terus berupaya mengungkap kasus tersebut. Bahkan, mereka mengirimkan rekaman CCTV ke laboratorium forensik Polda Jatim, namun hasilnya masih sama gambar kabur dan susah diidentifikasi. “Kami tetap optimis pelakunya bisa terungkap,” katanya.

Seperti diketahui, pada akhir tahun lalu Kabupaten Blitar dihebohkan dengan munculnya surat palsu KPK yang dikirim ke sejumlah pejabat di Pemkab Blitar, dan beberapa pengusaha di Blitar. Salah satu penerimanya adalah Rijanto Bupati Blitar, meski selang beberapa waktu KPK memastikan jika surat tersebut palsu.

Sementar aktifis anti korupsi Trijanto baru saja keluar dari Lapas kelas IIB Blitar beberapa hari lalu. Dia ditahan karena dianggap mencemarkan nama baik dengan memposting surat panggilan KPK palsu tersebut di akun media sosialnya. Pasca keluar dari Lapas, Trijanto mengungkapkan tidak gentar untuk memberantas korupsi di wilayah Blitar.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu