Hama Potong Leher Serang Padi

Kediri, Koran Memo – Para petani padi di Dusun Bulusan Desa Bulu Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dibuat  jengkel dengan hama potong leher yang  menyerang  tanaman miliknya. Hama yang sulit dideteksi ini langsung menyerang batang padi dari dalam, sehingga sangat sulit menanggulanginya. Sampai saat ini belum ada langkah yang tepat untuk memberantas perusak tanaman tersebut.

Para petani sedang menanam padi di sawah (angga/memo)
Para petani sedang menanam padi di sawah (angga/memo)

Kekhawatiran itu bertambah dengan minimnya penyuluhan dari instansi yang terkait, sehingga belum ada tindakan yang tepat untuk memberantas hama tersebut.  Untuk tindakan sementara hanya sebatas pemberian pestisida, namun semua itu tidak cukup karena tanaman padi tetap rusak hingga menimbulkan  kerugian bagi petani. “Saya ini orang awam, jadi bingung harus ke siapa saya mengadu,“ujar Imam Marhadi, petani asal RT 04/RW 05.

Menurut Imam Marhadi,  selain potong leher ada lagi jenis hama kresek yang sampai saat ini juga belum ada tindakan yang tepat. Jenis hama ini tergolong sangat meresahkan, karena tanpa sebab yang jelas, tanaman yang terserang tiba-tiba daunnya mengering lalu mati. “Untuk langkah saat ini hanya sebatas diberikan obat pembasmi hama saja, namun hasilnya belum maksimal, “ujarnya.

Dia juga menjelaskan, serangan hama tidak hanya terjadi pada jenis padi. Jagung pun ikut terserang hama dan penyakit. Terutama bulai yang selama ini menjadi momok bagi para petani. karena persebarannya yang sangat cepat dan sulit dideteksi.

Saat disinggung masalah pupuk, Imam menuturkan untuk saat ini pasokan pupuk cukup lancar, karena kebetulan ada beberapa  para petani yang terbentuk dalam komunitas kelompok tani, sehingga untuk masalah pupuk sudah tersuplai dengan baik. Selain itu setiap dua bulan sekali biasanya para petani  dan beberapa instansi terkait mengadakan rapat di gubuk sawah, selain berbagi keluh kesahnya juga sebagai ajang silaturahmi.(c8)

 

Follow Untuk Berita Up to Date