Hadiri Hari Disabilitas Internasional, Bupati Kediri Ajak Kelompok Disabilitas Semakin Mandiri

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno menghadiri acara peringatan Hari Disabilitas Internasional di Pendopo Kabupaten Kediri Kamis (26/12) pagi. Bupati mengajak kelompok disabilitas Kabupaten Kediri semakin mandiri dan saling membantu. Bupati Kediri hadir didampingi Suharsono Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri, perwakilan Bank Jatim dan bank Mandiri.

Di acara ini hadir 200 penderita disabilitas dan sebagian memiliki karya yang dijual secara on line. Tema dari kegiatan ini adalah ‘Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul’. Dengan harapan semua orang berhak memiliki kemandirian dan berkarya tak terkecuali dengan warga disabilitas.

Bupati Haryanti mengatakan tidak satupun manusia itu sempurna,namun dengan keterbatasan yang ada bisa semakin kuat berkreasi dan berkarya dengan pembinaan berkelanjutan dari Dinas Sosial Kabupaten Kediri. Semangat mandiri harus dimiliki dan bisa dijadikan bukti disabilitas tidak tergantung dengan usahanya.

“Pemkab Kediri berusaha memberikan bantuan banyak hal untuk membantu disabilitas bisa mandiri dan berkarya. Seperti bantuan kaki palsu dan alat untuk bekerja sesuai bidangnya. Saat ini Pemkab Kediri juga menerima PNS dari kelompok disabilitas. Karenanya bagi warga Disabilitas harus bisa mandiri dan terus berkarya,” jelasnya.

Suharsono Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri menjelaskan, Dinas Sosial Kabupaten Kediri setiap saat memberikan pembinaan, pelatihan keterampilan bagi disabilitas. “Pemberdayaan ini bisa memberikan dampak positif dan karya-karyanya sering dipamerkan di tingkat Pemkab Kediri, Propinsi dan Nasional,” ujarnya.

Umi Salamah Ketua Perhimpunan Disabilitas Kabupaten Kediri mengapresiasi acara peringatan disabilitas Internasional yang digelar Pemkab Kediri. “ Pemkab Kediri sampai sejauh ini sudah memberikan banyak bantuan sarana dan prasarana dalam memberdayakan kemandirian disabilitas Kabupaten Kediri,” katanya.(adv)

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date