Hadiri Acara Sinergitas OJK dengan Stakeholders, Wali Kota Kediri Minta Bank Mendekatkan Diri kepada UMKM

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meminta agar lembaga jasa keuangan dan perbankan mendekatkan diri kepada UMKM dan masyarakat. Karena selama ini masih ada masyarakat yang takut untuk datang ke bank. Hal itu disampaikan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam acara Sinergitas OJK dengan Stakeholders, Rabu (18/12) di Grand Panglima Resto.

Pria yang akrab disapa Mas Abu ini mengimbau jangan sampai masyarakat ataupun pelaku usaha yang membutuhkan meminjam uang ke rentenir karena syarat yang mudah dan cepat. “Ini tantangan bagi kita semua. Makanya saya mendukung program Membasmi Rentenir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena ketika sudah kena rentenir mereka tidak jadi untung malah buntung untuk membayar hutang dan bunga yang tinggi,” ujarnya.

Mas Abu mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Kediri fokus untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi. Apalagi dua hari lalu Presiden RI Joko Widodo menginginkan pertumbuhan ekonomi diangka 6%. “Seperti kita tahu perang dagang Amerika dan Tiongkok juga membawa pengaruh bagi perekonomian. Namun mau tidak mau kita harus kerja bersama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, wali kota muda ini juga meminta agar perbankan ataupun lembaga jasa keuangan mengeluarkan _Coorporate Social Responsibility _ (CSR) untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui UMKM. “Kita bisa berkolaborasi. Saya sudah lima tahun buat _event_ pameran untuk UMKM dan hasilnya positif. Dimana dengan pameran _competitiveness_ mereka meningkat. Nah sekarang giliran Bapak dan Ibu disini buat acara yang keren untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Ayo kita garap ini bersama-sama,” pungkasnya.

Melalui acara ini, Mas Abu berharap semua pihak bisa kerjasama untuk meningkatkan perekonomian Kota Kediri. “Saya yakin UMKM kita semakin baik karena mereka juga memanfaatkan perkembangan IT. Tinggal kita hadir ditengah mereka sehingga ada _chemistry_. Kebijakan pemerintah pusat juga sudah bagus. Kita tinggal jalankan itu di daerah,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Kepala OJK Kota Kediri Bambang Supriyanto mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan atas kerjasamanya. “Selain itu juga untuk bersinergi mencapai tujuan yang sama yakni mendorong pertumbuhan ekonomi melalui akses keuangan untuk masyarakat kita,” ujarnya.

Bambang Supriyanto berharap agar pemerintah daerah, lembaga jasa keuangan dan _stakeholder_ terkait memiliki tekad yang kuat untuk terus meningkatkan akses layanan keuangan kepada UMKM. Hal ini demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang lebih inklusif. “Untuk itu perlu sinergitas dan kolaborasi tentunya melalui penguatan sektor jasa keuangan dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Pada acara yang bertema “Bersama Kontributif dan Inklusif Membangun Negeri Meningkatkan Pemberdayaan UMKM Melalui Penguatan Peran Sektor Jasa Keuangan” turut hadir pula Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu, perwakilan Forkopimda Kota Kediri, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, dan _stakeholder_ terkait.(Adv)

Editor Achmad Saichu