Hadapi Pemilu Disdukcapil Lamongan Fasilitasi Pembuatan Suket 

Lamongan, koranmemo.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamongan mencatat, dua pekan menjelang Pemilu 2019, masih belum mengantongi warga yang melakukan pembuatan surat keterangan (Suket) KTP sebagai salah satu syarat memilih dalam Pemilu 2019.

Kepala Disdukcapil, Sugeng Widodo menyebut jika jumlah penduduk di Lamongan sekitar 1.361.312 jiwa. Sedangkan sebanyak 1.049.533 jiwa yang wajib e-KTP. “Sudah ada 981.906 warga yang sudah melakukan perekaman,” jelasnya, Minggu (7/4).

Semenjak ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang surat keterangan (Suket) KTP diperbolehkan sebagai syarat warga Indonesia memilih dalam Pemilu 2019, Sugeng menyebut Disdukcapil terus memfasilitasi perekaman e-KTP.

Kembali disebutkan, bagi masyarakat yang merasa belum melakukan perekaman diimbau untuk segera melakukan perekaman e-KTP. “Pelayanan untuk masyarakat kami prioritaskan. Disdukcapil proaktif, masyarakat pun harus begitu,” tutur mantan Kabag Humas dan Infokom ini.

Ditambahkan Sugeng, jika upaya pihaknya dalam melakukan perekaman identitas bahkan sampai jemput bola tidak semata mendekati pesta demokrasi melainkan tetap menjalankan tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi).

Dia menilai, dari banyaknya jumlah penduduk Lamongan yang masih belum melakukan perekaman, tidak menutup kemungkinan ada perbedaan antara data internal dengan data yang ada di lapangan. “Saya tidak ngejar Pemilu, yang penting masyarakat sudah perekaman,” pintanya.

Perbedaan data internal dengan eksternal, kembali dijelaskan jika ada beberapa faktor. Diantaranya ada warga yang meninggal dunia namun belum dilaporkan ke Disdukcapil, bahkan ada warga Lamongan yang merantau ke lain wilayah juga belum melakukan perekaman.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date