Gus Sholah Wafat, Rencana Dimakamkan di Makam Keluarga

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Pesantren Tebuireng melakukan sejumlah persiapan, menyusul rencana KH. Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, akan dimakamkan di tanah kelahiran, Senin (3/2).

Sepupu Gus Sholah, KH. Muhammad Irfan Yusuf atau Gus Irfan saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (2/2) malam mengatakan, santri Tebuireng melakukan sejumlah persiapan. Seperti mengaji, menyiapkan ruang dan menyiapkan pemakaman.

“Rencana dimakamkan di komplek makam keluarga. Insya Allah besok siang. Kalau jamnya saya belum bisa memastikan. Jadwal sementara, rombongan dari jakarta berangkat jam 10.00 WIB, menggunakan (pesawat) hercules. Artinya hercules kan tidak terlalu cepat. Jadi saya perkirakan jam 1 – 2 (13.00 WIB – 14.00 WIB) baru sampai,” kata Gus Irfan kepada wartawan.

Ditanya posisi pemakaman? Gus Irfan menyatakan masih akan dilakukan pembahasan keluarga. “Masih akan rapat keluarga. Kalau di sebelah (pusara) Gus Dur saya kira tidak mungkin. Karena sudah tidak ada tempatnya,” tuturnya.

Gus Irfan juga menyatakan belum ada konfirmasi siapa saja tamu negara yang akan hadir dalam proses pemakaman. “Kita belum ada konfirmasi soal itu (kehadiran tamu negara, red),” tutupnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Sholah yang juga adik Presiden ke 4 RI, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, wafat Minggu (2/2) malam.

Gus Sholah meninggalkan sang istri Nyai Farida Wahid serta tiga orang anak, yaitu Irfan Asy’ari Sudirman (Ipang Wahid), Iqbal Billy, dan Arina Saraswati.

Reporter : Taufiqur Rachman /Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu