Gus Ipul Tinjau Jl Raya Porong Yang Tergenang, Kerahkan 13 Pompa Air

Share this :

Sidoarjo, koranmemo.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf meninjau langsung keadaan di sekitar jalan raya Porong, Sidoarjo yang tergenang air. Sebanyak 13 pompa air disiapkan oleh Kementrian PU PR, Pemprov Jawa Timur dan Pemda untuk mengurangi debit air.

Selain itu, Rel Kereta Api juga ikut terendam meskipun sudah di tinggikan. Genangan air di Jalan Raya Porong ini akan segera dilakukan pemompaan secara cepat. Selama ini, pemompaan hanya bisa dilakukan ke Sungai Ketapang.

“Debit Sungai Ketapang saat ini penuh sehingga air yang dipompa kembali lagi,” ujar Gus Ipul di depan awak media saat melihat secara langsung lokasi banjir di sekitar Bekas Tol Porong, Sidoarjo. Senin,(27/11/2017) malam.

Dikatakan, setelah berkoordinasi dengan Kementerian PU PR dan Pusat Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (PPLS) pihaknya mendapatkan izin membuang genangan air tersebut ke dalam pond atau kolam penampungan lumpur lapindo.

“Saat ini sudah dapat izin dan malam ini juga akan dikerahkan 13 pompa untuk segera menguras genangan air di Jalan Raya Porong. Semoga besok pagi air sudah bisa dibersihkan dan rel kereta api maupun Jalan Raya Porong bisa dibuka kembali,” ujar Gus Ipul.

Terkait penutupan jalur rel Kereta Api, pihak terkait sebenarnya sudah beberapa kali meninggikan Rel Kereta Api tersebut. Namun, kondisi Sungai Ketapang yang penuh dan saluran drainase yang tidak sebanding dengan curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan banjir tetap saja tidak bisa dihindari.

Selain itu, pengerukan Sungai Ketapang juga akan dilakukan sehingga jika hujan lebat kembali datang, banjir diharapkan tidak terjadi lagi.

Jika air sudah surut, lanjutnya, langkah awal yang juga akan dilakukan adalah melakukan perbaikan jalan dan menambal lubang-lubang jalan yang rusak akibat beberapa hari tergenang air.

Perlu diketahui, saat ini genangan air melanda jalan raya Porong dengan panjang sekitar 400 KM (Kilo Meter). Sudah 3 hari ini kawasan tersebut terendam air dengan kedalam 80 cm hingga 1,5 meter.

Meski mengenakan sepatu boot, celana yang dikenakan Gus Ipul basah. Saat melihat seseorang nekat melewati genangan air tersebut dengan sepeda angin, dirinya ingin mencoba menaikinya.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.