Gus Ipul Buka Munas Pertama ISHARI

Jombang, koranmemo.com-Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul, memuji kemandirian anggota Ikatan Seni Hadrah Indonesia (ISHARI) yang mampu menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) pertamanya. Hal itu diungkapkan Gus Ipul usai membuka Munas tersebut di Alun-Alun Jombang, Jumat (20/10) malam.

“Ya ini kan Munas pertama. Memang ISHARI dibentuk pengurus wilayah masing-masing, dan dominasinya masih di Jawa Timur. Diharapkan, setelah ada kepengurusan di tingkat pusat, bisa lebih menyebar keanggotannya,” kata Gus Ipul kepada sejumlah wartawan, di lokasi acara.

Sebagai Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama, support kegiatan organisasi ini menurutnya  sebagian masih bertumpu pada NU dan sebagian lagi bernuansa mandiri.

“Sebagian besar kegiatan ISHARI dibiayai sendiri, lebih bagus mandiri. Kalau tergantung pemerintah, ketika ndak ada dana, nanti mandek. Kenapa ISHARI ada itu kan karena mandiri, kekuatannya pada kemandiriannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Hj. Mundjidah Wahab yang juga putri salah satu pendiri ISHARI (KH Wahab Hasbuloh), mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang menerangkan sejarah berubahnya posisi ISHARI yang sudah masuk di tubuh NU.

“ISHARI ini sudah masuk pada Banom NU ketika Muktamar NU ke-33. Kalau dulu ISHARI sebagai kesenian atau budaya ulama, sekarang sudah berorganisasi yang sudah jelas strukturnya,” ujar Mundjidah.

Mundjidah berharap ISHARI bisa diikuti oleh generasi muda di Jombang. Selain sebagai sarana kesenian bernuansa spiritual, ISHARI bisa sebagai aktifitas penangkal kenakalan remaja.

“Anak-anak muda perlu kita gerakkan untuk mempelajari kesenian ini. Selain untuk bersholawat kepada Rasullulloh SAW, juga untuk mengurangi waktu terbuang bagi generasi muda. Sehingga kenakalan remaja bisa di kurangi
Selain itu melestarikan ISHARI sama halnya dengan melestarikan budaya ulama,” tandasnya.

Sementara, dalam acara tersebut, turut dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Jatim dan Forkopimda Jombang. Munas pertama ISHARI di Alun-Alun Jombang ini diikuti sekitar 17.000 orang peserta.

Reporter: Agung Pamungkas
Editor: Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.