Gunungan dan Burung Garuda di Gapura Polresta Kediri

Kediri, koranmemo.com — Ada yang berbeda dengan bentuk gapura Polresta Kediri pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia (RI). Gapura berubah dengan penambahan ornamen gunungan dan Burung Garuda yang menempel di gapura pintu masuk Mapolresta Kediri, Sabtu (17/8).

Menurut Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi, perubahan bentuk gapura sebagai salah satu upaya untuk memperingati HUT RI  dan mengenang perjuangan para pahlawan. “Konsep gapura, memang ide dari para petugas Polresta Kediri. Kami mencoba untuk sengaja membuat bentuk Burung Garuda yang berada tepat di tengah atas gapura, ” tuturnya.

Anthon mengtakan, Burung Garuda menjadi simbol bangsa dan negara Indonesia, tidak hanya sebagai simbol saja, tapi Burung Garuda dianggap sebagai burung khas Indonesia yang melambangkan kekuatan dan ketegasan bangsa Indonesia untuk bersatu. Pancasila juga menggunakan Burung Garuda dengan sila yang berada di dada, dan tulisan Bhineka Tunggal Ika.

Dengan demikian, lanjutnya, diharapkan masyarakat yang melihat gapura tersebut kembali mengingat jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan. Selain itu, mengingat bahwa bangsa Indonesia beragam, namun dengan keberagaman tersebut justru saling melengkapi dan menjadi bangsa yang kuat.

Selain Burung Garuda, sambungnya, ada Gunungan yang berada di dua sisi gapura, yang mengambarkan masyarakat Kediri. “Untuk Gunungan sendiri, kami mencoba menggambarkan kebersamaan masyarakat Kediri. Karena wilayah hukum Polresta Kediri sebagian juga ada yang di daerah kabupaten,” ucapnya.

Selain itu, dijelaskan, ada pesan berdirinya gapura ini, karena ada slogan ‘SMD Unggul Indonesia Maju’. Dengan demikian, petugas Polresta Kediri selalu meningkatkan kemampuan dan kualitas untuk menjalankan tugas dengan baik. Tugas yang saat ini dijalankan tidak sebanding dengan perjuanagan para pahlawan saat merebut kemerdekaan, hingga mengorbankan nyawa.

Ditambahkan, bentuk gapura tersebut akan dipertahankan hingga satu bulan ke depan. “Pemasangan gapura itu selain memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia , juga bertujuan menumbuhkan semangat persatuan dan menumbuhkan sikap nasionalis masyarakat,” imbuhnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date