Gunung Agung Erupsi, Ribuan Penumpang Menumpuk di Bandara Juanda

Sidoarjo, koranmemo.com – Ribuan penumpang di Bandara Internasional Juanda terpaksa harus membatalkan jadwal penerbangan dengan tujuan Bali. Hal itu dikarenakan adanya pembatalan sejumlah jadwal penerbangan dari dan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali menyusul adanya erupsi pada gunung Agung, Jum’at, (29/06/2018)

Dari jadwal pembatalan penerbangan pagi tadi, data terakhir yang dihimpun sebanyak 5 maskapai dengan 26 jadwal penerbangan dengan rute Surabaya-Denpasar atau sebaliknya dibatalkan.

Di antaranya, Garuda Indonesia 6 penerbangan, Citilink 8 penerbangan, Nam Air 2 penerbangan, Lion Air 8 penerbangan dan Batik Air 2 penerbangan.

Untuk 2 tujuan penerbangan ke Jember dan 3 jadwal penerbangan ke Banyuwangi pun ikut dibatalkan.

Ada sekitar 2.137 penumpang yang terdampak akibat pembatalan ini. Dari maskapai Lion Air sebesar 645 penumpang, Citilink 321 penumpang; Nam Air 115 penumpang, Batik Air 155 penumpang dan Garuda Indonesia 544 penumpang.

General Manager Angkasa Pura I Heru Prasetyo mengatakan, pihaknya akan memberikan kebijakan kepada penumpang untuk mengurus refund (pengembalian uang).

“Bagi penumpang yang mengalami pembatalan penerbangan akan dilakukan refund (proses pengembalian uang) dan reschedule (jadwal ulang) oleh pihak maskapai,” terangnya saat di Terminal I Bandara Internasional Juanda, Jumat (29/6/2018).Heru menambahkan, ada satu penerbangan yang RTB (Return To Base) gagal berangkat dari Bandara Juanda untuk tujuan Banyuwangi. Dengan menggunakan Garuda 7302 jam penerbangan dari Bandara Juanda pukul 5.55 dan kembali pada pukul 07.43 WIB.

Nurcholis, (38) salah satu calon penumpang asal Surabaya ini mengaku kaget dan sedikit kecewa saat dirinya mendapatkan kabar jika ada pembatalan jadwal penerbangan dari pihak maskapai Lion Air.

“Kaget dan sedikit kecewa mas. Karena pemberitahuan dari maskapai mendadak. Tapi gimana lagi, ini bencana alam, kita tidak bisa memprediksinya,” terang pria yang berprofesi sebagai bartender di salah satu Hotel di Bali itu.

Reporter: Yudhi Ardian
Editor:  Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date