Gunakan CBT untuk PTS SMP

Kediri, koranmemo.com  — Siswa jenjang sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Kediri mengikuti ujian untuk penilaian tengah semester (PTS). Beberapa sekolah memilih untuk melaksanakan PTS menggunakan Computer Based Test (CBT) atau ujian berbasis komputer.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri, Ibnu Qoyim mengatakan, sekolah bebas memilih media ujian bagi siswa, bisa menggunakan media kertas dengan lembar soal dan jawaban ataupun berbasis komputer. “Sekolah bebas memilih, apakah menggunakan kertas atau CBT,” jelasnya, Selasa (8/10).

Pelaksanaan ujian untuk PTS ini tidak harus terjadwal seperti PAS, waktu pelaksanaan tergantung kesepakatan antara siswa dan guru mata pelajaran (mapel). Jika pada kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTPS), pelaksanaan ujian tengah semester berdasarkan jadwal dari sekolah karena untuk Kurikulum 2014 (K13) guru yang mempunyai wewenang.

Sementara itu, Budi Pramono Waka Kurikulum SMP Negeri 6 Kota Kediri menjelaskan, pelaksanaan ujian PTS sesuai kegiatan belajar mengajar (KBM). Setiap sekolah mempunyai jadwal yang berbeda, karena pelaksanaan juga menyesuaikan kesiapan siswa dan guru mapel. “Kalau di SMP Negeri 6 sudah selesai, waktunya satu minggu,” tuturnya.

Media yang digunakan dalam pelaksanaan ujian ini, sebagian besar menggunakan CBT, tapi beberapa guru mapel masih menggunakan kertas. CBT dinilai lebih mempermudah pelaksanaan ujian, karena mempercepat pengambilan nilai ujian siswa. Ujian berbasis komputer juga menghemat penggunaan kertas, karena dalam ujian ada beberapa paket soal yang diberikan kepada siswa.

Hal yang paling penting dari CBT, lanjutnya, untuk melatih siswa supaya terbiasa mengerjakan soal ujian menggunakan komputer. Pasalnya, beberapa tahun terakhir, ujian nasional juga berbasis komputer atau disebut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Dari sini, siswa kan sudah terbiiasa menggunakan komputer, jadi tidak kaget atau bingung saat melaksanakan UNBK,” ucapnya.

Guru mapel SMP Negeri 8 Kota Kediri juga mengutarakan hal yang sama bahkan untuk pelaksanaan PAS sudah menggunakan komputer. Untuk PTS sendiri, diharapkan dapat mengevaluasi sedini mungkin perkembangan siswa. Dalam penyampaian kepada orang tua, tidak hanya mencantumkan nilai mapel saja, tapi juga nilai sikap dan daftar hadir sehingga orang tua juga dapat mengetahui bagaimana perkembangan anak selama tiga bulan mengikuti KBM.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date