Gubernur Jatim Canangkan Green Hospital di RSPAL Dr. Ramelan

Surabaya, koranmemo.com – Penerapan rumah sakit yang ramah lingkungan (Green Hospital) di Indonesia saat ini telah berkembang menjadi pendekatan sisi baru dalam pengelolaan rumah sakit. Dalam hal ini, RSPAL (Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut) Dr. Ramelan menjadi inisiator untuk gerakan masif bersama rumah sakit jejaring tipe B, tipe C, maupun tipe D sejumlah 40 rumah sakit, terdiri dari rumah sakit Negeri, TNI/Polri dan swasta yang berada di wilayah provinsi Jawa Timur, yang bersama-sama berkomitmen untuk mencanangkan Green Hospital di lingkungan rumah sakit masing-masing.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang mencanangkan gerakan Green Hospital di seluruh rumah sakit provinsi Jawa Timur mengatakan, go green hospital merupakan inisiasi luar biasa yang dilakukan oleh RSPAL Dr. Ramelan. Ia berharap dengan adanya jejaring Rumah sakit di Jatim terkait konsep go green Hospital sendiri bisa menjadi stimulan untuk dapat dikembangkan di rumah sakit masing-masing.

“Untuk menyiapkan ruang terbuka hijau (RTH) itu gak mudah kalau tidak punya lahan. Ini kan ada sekitar dua puluh dua hektare, maka untuk menyiapkan RTH di sini lahannya cukup. Tapi kalau lahannya pas pasan, maka tadi saya menyampaikan format media tanam. Bisa dari drum, dari pot atau dari bahan lain. Apa saja yang dapat dimanfaatkan dan memungkinkan bisa menjadi bagian dari penguatan kesan rumah sakit ini menjadi rumah sehat,” ucap Khofifah di RSPAL Dr. Ramelan, Surabaya, Jumat (29/11/2019).

Diketahui bahwa Green Hospital merupakan konsep baru dalam perancangan manajemen rumah sakit, yang berorentasi sebagai bangunan berwawasan lingkungan. Hal ini merupakan jawaban atas tuntutan kebutuhan pelayanan berbasis kenyamanan dan keamanan lingkungan rumah sakit. Berdasarkan Undang-undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Undang-undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dikatakan bahwa setiap pembangunan harus memperhatikan lingkungan dan resiko terhadap kesehatan.

Diketahui terdapat beberapa aneka pohon yang ditanam di RSPAL Dr. Ramelan. Lebih dari 50 jenis tanaman, mulai dari jenis yang familiar hingga yang langka seperti pohon mentega, anggur brazil, matoa dan pohon-pohon lain. Jumlah total terdapat 54.000 pohon terdiri dari berbagai jenis pohon kayu maupun buah-buahan yang merupakan dukungan dari Dinas Kehutanan Jawa Timur. Rencananya nantinya akan di tanam di RSPAL 2000 pohon, dan sisanya akan didistribusikan kepada rumah sakit jejaring masing-masing 1000 pohon di seluruh Jawa Timur.

Reporter: Dimas Mahendra
Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date