Gubenur Jatim Lepas Ribuan Peserta Gerak Jalan MojoSuro

Share this :

Surabaya, koranmemo.com – Ribuan peserta gerak jalan  Mojokerto – Suroboyo (MojoSuro) dilepas  Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo dengan start di lapangan Raden Wijaya, Surodinawan, Prajuritkulon, Mojokerto Kota, Jawa Timur, Sabtu (1/12), sore.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur H. Soekarwo menuturkan, kegiatan ini diadakan memperingati perjuangan pahlawan dalam pertempuran merebut kemerdekaan tak mengenal lelah. “Pejuang tak mengenal lelah, meski mereka berjalan dari Jombang, Mojokerto hingga keseluruh Wilayah Jawa Timur demi merebut kemerdekaan,” katanya.Masih kata Pakde Karwo, gerak jalan MojoSuro bukan sekedar gerak alan biasa, tapi  mengandung nilai perjuangan yang terjadi pada bulan November 1945, bahkan sebelumnya. “Semangat para pejuang merebut kemerdekaan telah dipertahankan,” ujar Gubernur Jatim dua periode ini.

Pantauan koranmemo.com di lapangan, peserta gerak jalan MojoSuro menyusuri jalan yang dilalui mulai dari lapangan Raden Wijaya menuju ke Jalan Brawijaya, Jalan Wahid Hasyim, Jalan Bhayangkara – Jalan Gajah Mada, Desa Mlirip (depan Ajinomoto By Pass depan Tjiwi Kimia), hingga Pasar Krian pada Pos 1, dan dilanjutkan ke Jala Trosobo – Kletek – Sepanjang pada sampai Pos 2 peserta untuk mengumpulkan kartu yang di koordinir oleh ketua peserta.

Kemudian sampai pada Pos 2 peserta berlanjut jalan menuju Jalan Karangpilang, Jalan Gunungsari, Terminal Joyoboyo Wonokromo, Depan Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jalan Diponegoro – Jalan Pasar Kembang, Jalan Kedung Doro, Jalan Blauran – Jalan Bubutan, Jalan Pahlawan Kebonrojo, dan Finish Tugu Pahlawan Surabaya dengan berbagai kostum unik.”Kalah atau Menang bagi saya itu suatu hal yang patut disyukuri dan dibanggakan,” ujar Arif, Minggu (2/12), 00:27 Wib, dini hari.

Pegawai Dispora Jatim Yudi mengatakan, untuk pemenang lomba gerak jalan ini akan diumumkan dua minggu ke depan.

Reporter M Fauzi

Editor Achmad Saichu